Monday 8 April 2013

Banana Roll Cake






Pisang hantaran dari tetangga waktu suami sakit minggu lalu masih nyisa 2 biji, kulitnya udah coklat, tapi sayang mau dibuang hehe. Mau dibuat banana cake seperti biasanya agak bosen, mau bikin cookies pisang belum nemu resep yang cocok, akhirnya pilih mau bikin roll cake saja. Googling resepnya dan nyangkut di taste of home trus modif sana sini akhirnya jadilah: banana roll cake a la BunKim tanpa baking powder, baking soda, dkk :)

 


Saya sebenernya udah jatuh cinta dengan resel roll cake yang ala JCC gitu. Hasilnya padat, empuk, dan nggak terlalu manis. Tapi mau eksperimen nambahin pisang nggak berani. Akhirnya pake resep dari taste of home. Resep yang ini menarik karena cara bikinnya mirip dengan JCC yang pernah saya coba, adonan dibagi jadi adonan telur + tepung dan putih telur dikocok terpisah. Trus biar mirip JCC juga, tepungnya saya campuri sedikit tepung maizena [sekitar 15gr]. Vanilla saya ganti dengan rempah tradisional yang emang selalu ada di dapur: bubuk pala dan kayumanis. Oya, di resep ini nggak ada butter/margarin/minyak, saya sampe bolak-balik baca resep dan directionnya. Ternyata memang ga ada. Pas adonan udah jadi sempet terpikir mau nambahin sedikit minyak goreng, takut kalo kuenya jadi kering seperti chiffon kalo nggak pake minyak/butter. Tapi akhirnya nggak jadi nambahi, ngikut resep yang tanpa minyak. Hasilnya?


Lembut, ga kering dan enyak, mungkin karena pake tambahan pisang jadi tetep lembap ya kuenya. Entahlah, saya nggak ngerti. Sayangnya masih kemanisan di lidah saya [pake 2/3 takaran gula dari resep asli] dan waktu nggulung pecah hihi. Makanya foto kali ini foto dari jauh aja, biar ga kliatan retak yg memalukan itu :D

Banana Roll cake
Sumber: tasteofhome modified by me

Bahan:
3 putih telur suhu ruang [saya pake 2½ putih telur ukuran besar]
2 telur utuh [saya pake 2 kuning telur + ½ putih telur ukuran besar]
3/4 cup gula, bagi jadi 2 [saya pake ½ cup]
1 sdt vanilla extract [saya ganti dengan sedikit bubuk pala dan bubuk kayumanis]
1 cup tepung terigu protein sedang [saya campur dengan sedikit maizena, sekitar 15gr]
1/2 sdt baking soda [saya skip]
1/2 sdt salt
1/4 sdt baking powder [saya skip]
1/2 cup pisang yang sudah matang, dihaluskan  [saya pake  2  pisang ukuran sedang]
1 sdt parutan kulit lemon [saya skip]
1 sdt gula halus [saya skip]

Filling:
Whipped cream

Cara membuat:
1.       Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti dan oles dengan mentega [saya pake loyang 23x26cm]
2.       Kocok telur utuh dengan kecepatan tinggi selama 5 menit atau sampai lembut dan pucat. Tambahkan gula sedikit demi sedikit. Tambahkan vanilla. Tambahkan tepung sambil di ayak bersama garam.  Tambahkan pisang, sisihkan
3.       Di mangkok lain, kocok putih telur dengan kecepatan sedang sampai soft peak. Tambahkan sisa gula pasir sedikit demi sedikit sampai stiff peaks. Ambil sedikit kocokan telur, campur ke adonan tepung. Lanjutkan sampai putih telur habis.
4.        Panggang di oven yang sudah dipanaskan pada suhu 375 DF [saya 185 DC] selama 15-20 menit. Angkat, lepas kertas rotinya, dan dinginkan
5.       Siapkan filling whipped cream, oles ke permukaan kue lalu gulung. Rapikan dengan bantuan kertas roti bersih, simpan dalam keadaaan masih tergulung kertas roti di kulkas selama 1 jam sampai set

Happy cooking,
Devi BunKim

Note: foto tengah itu toddler saya, yang tadi pagi nungguin motret sambil merengek-rengek "mau kue ibun 10x". Udah terlanjur nyetting potretan diluar, mana banyak kucing berkeliaran, mau masuk lagi ngambilin kue kok ya males. Akhirnya terpaksa dia nunggu sesi pemotretan selesai, langsung nyam nyam 3 potong, untung sebelumnya udah sarapan jeruk. "kue buatan Ibun enaaaaaak banget" katanya. Oh dear Son, you always make Ibun fly :P

No comments:

Post a Comment