Saturday 6 April 2013

Muffin labu [gluten free, sugarless]






Masih edisi labu, dalam rangka ngabisin stok butternut pumpkin. Kayaknya masih ada 2 edisi labu lagi, mungkin mau bikin pie labu dan taiyaki labu. Belum tau kapan jadi bikinnya, semoga si labu masih mau bertahan di kulkas seminggu ke depan. Karena minggu ini beneran laper mata, punya stok banyak bahan + dapet hantaran karena suami sakit juga.jadi numpuk buah-buahan + bahan makanan lain seperti ubi, labu, tape, dkk

Muffin labu ini modifikasi dari resepmuffin kentang Teh Ayu, teman di grup makanan sehat anak. Selain rajin baking, Teh Ayu ini juga kreatif bikin resep-resep sehat....jadi rajin nyontek deh saya nya :) makasih banyak resepnya ya Teh. Karena di resep udah pake kismis, jadi gulanya saya kurangi separuh [di resep pakai 90gr, saya pakai 45gr] dan udah terasa manis. Teksturnya mirip banana cake gluten free, karena sama-sama pake tepung beras, walo cara bikinnya seperti bikin sponge cake tapi hasil akhir kue ini mirip muffin yang padat dan agak berremah. Oya, biar lebih manteb saya tambahi sedikit pala dan kayumanis bubuk. Haruuuum, dimakan anget-anget pas hujan sore begini... haduuuuu...nggak bisa berhenti ngunyah deh


Muffin labu [jadi 9 cup diameter 5cm]

Bahan:
200 gr labu, kukus dan haluskan selagi panas
80 gr tepung beras
20 gr maizena
2 btr telur
90 gr gula pasir  [saya pake 45g]
50 gr minyak goreng
2 sdm susu  [saya skip]
1 sdt vanilla esense [saya skip, ganti dengan 1/2 sdt bubuk pala + 1/2 sdt bubuk kayu manis]
kismis secukupnya

Cara membuat:
1. Campur labu dengan minyak dan susu, aduk rata, sisihkan
2. Kocok telur, masukkan vanilla dan gula sedikit demi sedikit, kocok hingga mengembang
3. Masukkan campuran labu, aduk rata dengan spatula
4. Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk rata
5. Masukkan adonan ke loyang muffin yang sudah dialasi paper cup. Taburi kismis
6. Panggang pada suhu 190 dc selama 20 menit sampai permukannya kecoklatan, tes dengan tes tusuk. Angkat kalo tusuknya udah bersih

Happy cooking :)
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment