Thursday 18 April 2013

[Not so] Melted Chocolate cake





Awalnya Cuma mau liat-liat titanbaking.com, siapa tau ada yang baru [sok punya uang bangets... padahal aslinya lagi ngirit suirit seirit-iritnya]. Pas liat di album coklat ada spesies yang menawan namanya valrhona guanaja 70%, harganya sekilo bisa buat beli emas setengah gram lebih lo xixixi. Lalu rasa penasaran [dan isyarat kelaparan] saya mengajak untuk cari tau coklat apa kok bisa semahal itu. Ternyata menurut sebuah majalah bakery emang ini salah satu coklat terbaik dunia, dibuat di Perancis sejak 1922. Bentuknya koin oval, dominan rasa pahit. Katanya kalo pake coklat ini, 99% sukses, karenanya banyak chocolatier yang ngasih nama menunya dengan nama coklat ini. Biasanya dibuat rich chocolate cake, soufflĂ© atau chocolate mousse yang dipadu feuilletine, ganache dan entremets, fine truffles dan filling praline. Glek..makanan apa pula itu. Biar nggak terlalu abstrak, saya cari langsung resepnya dan nyangkutlah di blog mbak Arfi. Beliau jelas nggak kenal saya hihi tapi saya udah sering ngintip blognya, bahkan jauh sebelum kenal FP, selalu terkagum-kagum dengan foto-foto di blognya. Mbak Arfi bikin sublime lava pake valrhona, hmm..semacem molten chocolate cake/pudding gitu. Dulu saya pernah bikin dan begitu liat kepingan coklat plus cake di blog mbak Arfi langsung mouthwatering. Sayangnya varlhona Cuma ada di laptop saja [itupun Cuma fotonya >,<], jadi saya bikin cakenya pake couverture 55%-nya Tulip, ini manteb juga kok coklatnya..lumayan pahit seperti kesukaan saya. 



Saya bikin setengah resep, karena seperti biasanya kalo makanan lembek full coklat kayak gitu Cuma saya yang doyan, jadinya 4 cup nggak terlalu penuh. Satu saya panggang kemarin dan sisanya masuk freezer. Baru pagi ini dikeluarin sampe cukup hangat [suhu ruang] lalu masuk oven 10 menit. Langsung bisa jadi bahan belajar fotografi dan obat lapar sekaligus. Cake satu ini menggiurkan sekali, terutama buat pecinta coklat, siapapun bakal susah nolak coklat yang meleleh dengan seksinya kan? Tekstur pinggiran cakenya juga empuk tapi nggak terlalu kokoh. Ini bukan jenis cake yang dikasih lelehan coklat ya, saya sekarang nggak terlalu suka cake yang ada potongan coklat meleleh, cake ini lelehannya berasal dari adonan campuran yang masih panas dan belum 100% matang. Sayangnya, bikinnya susah-susah gampang. Pas ngocok-nyampur adonan sih gampang, Cuma pas manggangnya musti tau banget kondisi oven. Di resep tertulis 180DC selama 10 menit, tapi di oven saya 10 menit masih lembek bagian luarnya jadi pas dikeluarin dari cetakan, cake nggak bisa berdiri cukup tegak. Saya tambah 2 menit api bawah ternyata jadinya nggak terlalu meleleh lagi. Secara umum, resepnya pas di saya, tentunya dengan mengurangi porsi gula jadi 1/3 dari porsi di resepnya seperti biasa. Tapi karena belum dapet waktu manggang yang pas, cake inipun namanya jadi “not so melted choco cake”, jadi bukan termasuk cake gagal yaaaaa :D



Resep

Molten Chocolate Puddings [by Lynley Allan. The Foodtown Magazine. June-July 2007]
Terjemahan bebas by BunKim, bisa merujuk ke situs asli untuk pastinya :D

200g dark chocolate, potong-potong
50g butter, potong-potong
4 telur
1/2 cup gula [saya pake 1/5 cup untuk setengah resep]
2 tsp vanilla extract [saya ga pake]
1/4 cup tepung terigu, ayak
1 sdt bubuk coklat, ayak
Taburan gula/coklat/cream untuk topping

Cara membuat:
1.       Panaskan oven 180dc
2.       Siapkan loyang, olesi mentega dan taburi sedikit tepung [saya pake bubuk coklat]
3.       Kocok telur dan gula sampai pucat dan lembut, tambahkan lelehan butter dan coklat, aduk rata
4.       Tambahkan tepung terigu dan bubuk coklat sambil diayaj, aduk rata
5.       Tuang ke loyang yang sudah disiapkan
6.       Oven selama 10 menit
7.       Ketika matang, cake masih terlihat lembek di bagian tengah. Keluarkan dari cetakan dengan hati-hati. Sajikan panas-panas dan nikmati lelehan coklatnya yang menggoda

Happy baking :)
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment