Thursday 11 April 2013

Chocolate cheese cake [mini version]




 Sejak kenal sama cheese cake beberapa bulan lalu, tiap laper hampir pasti terkenang-kenang cheese cake. Sayangnya di rumah nggak ada yang doyan selain saya, jadi nggak bisa sering-sering bikin. Sekalinya bikin porsi kecil, bisa abis 3-4 hari..untungnya kue satu ini makin mak nyus kalo udah masuk kulkas jd nggak masalah habisnya lama. Kalo lagi nyidam cheese cake, suka nyari gambar-gambar di google sampe akhirnya naksir beneran sama resep cheese cake coklat dari joyofbaking [lagi]! Waktu bikin, sama sekali nggak kebayang bakal gimana rasanya. Coklat yang manis-pahit dicampur cream cheese dan sour cream yang gurih-asem. Bakal gimana ya? Coba ajalah daripada mbayangin dan kebanyakan ngiler.



Pas nyoba pertama, cheese cake coklat ini masih terasa aneeeh dan agak nggak nyambung. Mungkin karena belum masuk kulkas juga, kan katanya cheese cake bakal lebih menyatu kalo udah diikat dalam tali pernikahan di kulkas. Tapi setelah disimpen beberapa jam di kulkas...huah nagiiiih. Teksturnya lebih padet daripada cheese cake ori, mungkin karena pake tambahan cooking chocolate ya. Ternyata rasa manis-pahit-gurih-dan sedikit asem bisa nge-blend dengan nikmatnya di cheese cake satu ini.



Karena yang doyan Cuma saya, saya bikin ¼ resep jadinya 4 cup diameter 5cm [pake paper cup]. Untuk topping, saya pake nuttela karena males banget bikin topping sesuai resep, lagian juga udah keburu pengen nyicipin :D



Resep: Chocolate Cheesecake

Crust:
150 gr chocolate wafer crumbs --> saya pake oreo, ambil dari goodiebag yg dikasi temen Kimi :P
75 gr unsalted butter, melted

Filling:
340 gr semi-sweet or bittersweet chocolate, chopped
680 gr full fat cream cheese, room temperature
200 gr granulated white sugar
3 large eggs, room temperature
1 1/2 teaspoons pure vanilla extract –> saya skip
240 ml full fat or light sour cream, room temperature

Topping: saya pake nuttela, resep asli pake ganache

Cara Membuat:

Siapkan loyang/ cetakan. Panaskan oven 180 dc

Crust: campur remahan wafer/biskuit dengan mentega yang sudah dilelehkan. Masukkan ke cetakan, tekan-tekan sampai padat. Simpan di kulkas sementara kita siapka adonan filling
Filling:
Lelehkan coklat dengan cara mengetim diatas air panas, aduk sampai halus, sisihkan
Kocok creamcheese dengan kecepatan rendah sampai lembut. Tambahkan gula sedikit demi sedikit. Tambahkan coklat leleh dan kocok sampai rata. Tambahkan telur satu per satu, kocok rata. Tambahkan vanilla dan sour cream, kocok lagi.
Ambil adonan crust dari kulkas, lalu tuang adonan filling ke atasnya. Letakkan cetakan cheese cake di atas loyang yang lebih besar dan panggang selama 50-55 menit. Keluarkan dari oven, dinginkan lalu simpan di kulkas selama beberapa jam sebelum ditambah dengan topping.
Ganache nya silakan dilihat versi aslinya disini


Happy baking :)
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment