Saturday 6 April 2013

Rawon





 Seminggu ini suami saya KO, kena gejala typhus dan harus istirahat sekitar 5 hari. Makannya juga ga terlalu nafsu, kasian. Setiap hari saya cuma bikin sop terus. Kadang sop ayam, sop seafood, sop udang, sop tahu.. tentu pake sepanci sayuran brokoli-wortel dkk. Alhamdulillah pas weekend udah baikan, udah bisa request nasi rawon :P Okelah, sayapun hunting kluwak sekalian belanja bulanan, berdua sama toddler saya. Ditengah belanja anak ini bobok dan saya pun harus dorong troly pake tangan kanan sementara tangan kiri nggendong anak 3.5 taun yang udah berat banget inih. Malemnya pundak serasa mau copot..fiuuuuh. Tapi gapapa, semuanya terbayar dengan suami yang lahap makan rawon di akhir masa sakitnya ;)



Tentang rawon

Rawon dikenal sebagai makanan khas daerah jawa timur, walo di beberapa daerah lain juga ada makanan khas mirip rawon seperti gabus pucung a la Betawi misalnya. Jadi rawon ini mirip soto tapi kuahnya hitam karena pake kluwak, biji tanaman yang berkulit keras dengan daging buah berwarna hitam pekat dan sedikit berminyak. Daging buah kluwak inilah yang dipakai untuk bumbu rawon, dihaluskan bersama bawang dkk. Kluwak ini juga yang menguatkan rasa gurih khas rawon yang biasa disajikan dengan daging sapi berlemak, taoge pendek, bawang goreng, krupuk udang, plus perasan jeruk nipis. Dibanding sederet makanan khas Jawa Timur, rawon ini termasuk yang favorit di lidah saya [selezat nasi pecel dan nasi bebek suroboyo] sementara tahu telur dan rujak cingur saya belum doyan hehe. 


Rawon yang saya buat kali ini pake resep dari buku 505 resep masakan praktis, bumbunya cukup simple dibanding beberapa resep lain yang pake lebih banyak rempah. Tapi karena saya Cuma pake 2 kluwak jadi kuahnya kurang item ya, kalo soal rasa sih udah lumayan weenak. 



Rawon
[sumber: 505 resep masakan praktis]

Bahan:
250 gr daging sapi berlemak dan berotot [saya pake daging dari spm yang berlabel daging soup]
1 ltr air
 2lbr daun salam
4 lbr daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 sdm gula pasir --> atau sesuai selera
1 sdm garam --> atau sesuai selera

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah
3 butir kemiri
1 sdt merica
5 buah kluwek, ambil isinya

Pelengkap:
Daun bawang, iris
Bawang goreng
Taoge pendek
Jeruk nipis, kerupuk udang, sambal

Cara membuat:
1.       Rebus daging dengan 500ml sampai empuk, buang buihnya
2.       Angkat daging, potong dadu, masukkan kembali ke air rebusan. Tambahkan sisa air. Didihkan
3.       Masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, garam dan gula. masak hingga mendidih
4.       Angkat. Sajikan bersama nasi hangat dan bahan pelengkap


Happy cooking,
Devi – BunKim

No comments:

Post a Comment