Saturday 19 January 2013

Putu mayang ubi ungu





Ehm ehm..kayaknya minggu ini bisa dinobatkan sebagai festival jajan pasar di rumah karena saya rajin banget tiap hari bikin jajan pasar. Tumben ya. Saya hunting resep di internet dan bolak-balik koleksi resep di majalah dan buku. Dipilih-pilih, dibayang-bayangin, dikira-kira...begitu tiap hari. Mungkin karena seminggu ini hujan dan mendung melanda rumah sini ya, jadi banyak kerjaan rumah yang nggak bisa atau males saya lakukan, misalnya nyuci baju, nyetrika, atau mandi :D Tapi tetep butuh penyaluran energi, jadi larinya ke acara mberantakin dapur. Cetakan-cetakan yang udah rapi di box sejak berminggu-minggu lalu pun satu persatu saya keluarkan lagi. Dan dengan sumringah saya bisa senyum bangga ke suami sambil bilang : “niiiih cetakannya kepake kan? Bukan cuma laper mata. Emang sih awalnya cuma numpuk, tapi kalo pas Bunda mau bikin apa-apa gini kan gampang tinggal buka box, nggak perlu capek-capek ke pasar lagi.” Hehehe suami saya yang baik hati ini emang sering protes kalo saya suka beli cetakan ini itu yang kebanyakan berakhir di box tanpa kepake, tapi beliau dengan setia akan selalu mengantar saya keliling ke pasar becek atau mall untuk beli ini itu yang –menurut saya- harus segera punya #makasih ya Ayaaah :*


Dan cetakan yang saya mau banggakan kali ini adalah cetakan putu mayang yang kami beli di toko ACC pasar senen sekitar 2 bulan lalu. Harganya murah, cuma 7rb saja, ini yang bentuknya bulet dari aluminium ada bolongan di bagian bawah dan ada pendorongnya dari kayu gitu. Dan karena saya udah berbulan-bulan nyimpen resep putu mayang jadi eksekusi kali ini sangat cepat tanpa bimbang pilih resep. Resep aslinya pake ubi merah dan gula jawa dengan pelengkap kelapa parut. Saya modifikasi pake ubi ungu, tanpa gula jawa dan tanpa kelapa parut. Gantinya? Pake kuah atau juruh kalo orang jawa bilang. Saya bikin setengah resep, dicetak pake cetakan kue mangkok jadinya sekitar 24 buah putu mayang. Sluuurrrrp...jajanan favorit masa kecil saya dulu pun tersaji, biasanya warna hijau-pink-putih tapi kali ini warnanya ungu :)



Bikin putu mayang relatif gampang dan cepet. Yang agak ribet cuma pas bagian bikin adonan 'mie' itu karena ternyata berat bangeet waktu didorong, sampe merah-merah semua jari. Apa adonan saya yang terlalu keras ya? pernah liat di sebuah blog adonan 'mie' putu mayang yang putus-putus kayaknya karena adonannya terlalu lembek, jadi kemarin waktu masak adonan berasnya [step 3] bener-bener sampai bergumpal agak keras. Pas udah matengnya sih rasanya udah mirip kayak yang di pasar walo ukuran 'mie' nya agak gede, nggak serapih yang di pasaran hehe

Yang mau coba, monggo resepnya:

Resep putu mayang ubi
[resep asli majalah sedap khusus pemula, 2007]

Bahan:
200 gr tepung beras
350 ml santan dari ½ butir kelapa
½ sdt garam
100 gr gula merah [saya skip, biar warna ungu ubinya tetep cantik]
40 gr gula pasir
100gr ubi merah [saya pake ubi ungu] kukus, haluskan
50 gr tepung sagu
Daun pisang untuk alas

Bahan saus:
500 ml santan dari ½ butir kelapa
100 gr gula merah
2 lbr daun pandan, simpulkan
¼ sdt garam

Cara membuat:
1.       Saus: rebus semua bahan sampai mendidih, saring. Sisihkan
2.       Rebus santan, garam, gula sambil diaduk sampai larut. Saring, ukur 350 ml
3.       Tuang ke tepung beras. Aduk rata. Masak lagi sampai bergumpal. Angkat tambahkan ubi. Aduk rata sampai adonan halus dan licin
4.       Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni rata
5.       Masukkan ke dalam cetakan putu mayang. Tekan diatas cetakan/ daun pisang
6.       Kukus 10 menit dengan api sedang di kukusan yang sudah dipanaskan. Angkat
7.       Sajikan dengan taburan kelapa [saya : sajikan dengan saus santan]

Happy cooking :)
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment