Saturday 19 January 2013

Two Tone Bakpao [ubi vs labu]





Punya separo kabocha alis labu, udah seminggu belum dimasak. Pas nawari anak lanang, mau dibuatin kolak, puding atau bakpao labu.. dia milih bakpao. Okelah, langsung hunting resep bakpao ubi atau labu. Nyangkut di 2 resep: blog Mbak Hesti dan sajiansedap.com. Di sajiansedap pake tepung tangmien, apa itu saya nggak tau jadi lebih baik nyari resep lain. Di tempat Mbak Hesti, bakpao nya dibentuk mawar....cuantiiiik bangets, mau coba kok kayaknya lama ya bikinnya, pun terlalu rumit untuk newbie seperti saya hehe. Kalo yang di sajiansedap bentuknya bulet biasa, tapi nemu variasi lain di majalah sedap jadi bentuknya tetep bulet tapi ada motif marmer [aslinya warna coklat-putih]. 



Akhirnya pilih resep Mbak Hesti [lagi] tapi bentuknya seperti yang di majalah sedap. Untuk motif marble nya saya pake warna ungu dari ubi ungu dan kuning orange dari labu. Di resep asli, ubinya Cuma separo tepung terigu [125gr ubi itu sekitar ½ potong ubi ukuran kecil-sedang] dengan berbekal pengalaman [hyaah..kayak udah maestro aja, pengalaman?!] bikin roti ubi, saya –agak nekat- nambahin ubi/labu nya jadi 200gr. Jadi semua adonan saya bagi 2, bikin adonan ubi dulu pake 125gr tepung terigu, sambil nunggu adonan ubi ngembang saya bikin lagi adonan labu. Semua bahan udah disiapin sebelumnya jadi jeda antara adonan ubi dan labu nggak terlalu lama, sekitar 10 menit aja untuk nguleni adonan. Dan..as always, saya selalu skip baking powder. 



Resep Bakpao ubi-labu
[ini versi yang udah dimodifikasi dari resep asli di blog Mbak Hesti]

bahan:
100 gr ubi ungu + 100 gr kabocha, kukus dan haluskan panas-panas
250 g tepung terigu protein rendah [saya pake protein tinggi, gara-gara salah tuang nggak liat resep detail :D untungnya tetep jadi]
30 gr gula pasir
100 ml air
1/4 sdt garam [bagi 2]
25 gr minyak goreng [bagi 2]
6 gr ragi instan

Bahan isi:
100 gr kacang merah
50 gr gula jawa, sisir halus

Cara membuat:
1.        Isi: kukus kacang merah sampai empuk, haluskan selagi panas. Campur dengan gula jawa, aduk sampai rata. Bagi menjadi 15 bagian, bentuk bulat sebesar kelereng, sisihkan.
2.        Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir dan garam. Aduk rata.
3.       Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
4.       Bagi adonan menjadi 2, campur 1 bagian dengan ubi dan satu bagian lagi dengan labu. Tambahkan minyak goreng dan garam ke masing-masing adonan, uleni kembali hingga elastis.
5.       Tutup dengan kain lap basah, diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang.
6.       Kempiskan adonan. Giling tipis masing-masing adonan. Tumpuk adonan labu diatas adonan ubi. Giling bersamaan lalu gulung. Potong adonan menjadi 15 potong. Pipihkan adonan, beri isi. Bentuk bulat. Alasi dengan kertas/daun pisang. Diamkan selama 10 menit.
7.       Panaskan kukusan, kukus dengan api besar selama kurang lebih 10 menit hingga matang.
8.       Angkat, sajikan.

Hasilnya? Karena selama ini bikinnya roti yang bagian luarnya kering dan sedikit crunchy jadi kesan pertama pas gigit si bakpao yang baru diangkat dari kukusan adalah: lembuuuut dan panas tentu saja. Sambil huhah huhah kepanasan, nyicipin isi bakpao juga terasa simple manis sekaligus gurih. Setelah sekitar 6 jam kulitnya jadi agak keras tapi dalemnya tetep empuk ;)

Happy cooking,
Devi – BunKim


2 comments:

  1. Akhirnya tayang jg niih resep... :))
    kl bagi bakpaonya pasti dah abis jd akuu bagi resepnya az deehhh :D
    matur nuwun yaa BunKim

    ReplyDelete
  2. hehe..iya udah abis sejak minggu lalu. silakan dicoba Mbak Titiek ;)semoga suka sm bakpao sehat ini ya..

    ReplyDelete