Monday 21 January 2013

Bolu gulung a la meranti





Jaman dulu masih kerja, lumayan sering makan bolu meranti hasil oleh-oleh temen yang baru pulang dari kantor cabang Medan. Yang paling saya inget adalah kejunya yang gondrong sampe keluar-keluar gulungan hehe. Kalo dibilang suka banget nggak juga, apalagi kalo liat resep bolu kebanyakan pake telur yang buanyak [10 butir an] dan baking powder, nggak kepikiran untuk bikin bolu yang satu ini. Tapi kemarin nggak sengaja nemu resep di sajiansedap.com, kok ada resep bolu gulung yang Cuma pake 4 telur dan tanpa baking powder. Waaah...mendadak ngeces :)

Apalagi tadi pagi liat wiskul-nya Pak Bondan lagi jalan-jalan ke Medan, makin kepengen aja mengeksekusi si bolgul ala medan yang udah mendunia ini. Akhirnya, siang tadi sambil nemenin Kimi mai dan mantengin info banjir Jakarta...saya jadi juga bikin bolgul. Pas baca resep, ada satu yang nggak punya yaitu buttercream buat fillingnya. Googling sebentar dan nemu cara bikin buttercream disini. Gampanglah, batin saya [rencananya mau saya bikin pas bolunya dipanggang, jadi pas bolu matang pas buttercream nya siap]. Maka saya buat dulu bolgulnya, udah masuk oven. Tapi pas nyiapin bahan-bahan filling dan ngambil kotak keju...walaah..keju saya habis ternyata. Mau ganti pake filling lain, udah terlanjur pengen filling keju. Akhirnya waktu 20 menit saya ajak Kimi ke toko depan kompleks buat cari keju, perkiraan waktu jalan bolak-balik 15 menit. Sisa waktu 5 menit masih sempetlah ngocok butter. Tapi ternyata nggak cukup waktunya, pas saya dateng pas oven bunyi triiiiiing tanda bolgul udah mateng. Mana Kimi teriak-teriak laper mau makan lagi :(( akhirnya nyiapin maksi Kimi, ngambilin minum Kimi, ngocok butter, ngangkat bolgul yang udah mateng, masukin sisa adonan bolgul ke oven, ngangkat telfon Suami dan Bumer yang nanyain banjir, dan menenangkan Kimi harus dikerjakan barengan. Walhasil waktu buttercream siap, bolgulnya udah dingin. Nggak sempet baca trik menggulung, langsung gulung aja pake tangan. Gulungan pertama retak...hyaaah...tarik nafas, hembuskan, gulung lagi. Gulungan kedua, retaknya berkurang. Tarik nafas, hembuskan, gulung lagi.... Gulungan ketiga berhasil..mulus dengan sedkit retak hehe Alhamdulillah :D [belakangan tau dari salah satu blog kalo pas nggulung itu pake lap basah atau kertas roti biar nggak retak...oke, wajib dicoba]. oya untuk filling akhirnya saya bikin separo keju dan separo meises. Jadi bolgul 2in1 deh


Selanjutnya, deg-degan pas ngiris. Secara di rumah nggak ada piso bagus dan saya belum bisa motong rapi. Selalu teng pletot alias berantakan. Ya sudah, jadilah bolu gulung pertama saya. Bolunya lembut walo nggak selembut dan selembab bolu meranti yang asli xixixi. Pelanggan setia saya yang baru bangun tidur habis 2 potong. nyaaaam...




Resep bolu gulung meranti

Sumber resep: sajian sedap

bahan-bahan/bumbu-bumbu:
4 butir telur
85 gram gula pasir [saya pake 50 gr, udah cukup manis untuk saya]
50 gram tepung terigu protein sedang
10 gram maizena
10 gram susu bubuk [saya nggak pake]
85 gram mentega asin, lelehkan
1/4 sendok esens vanila [saya nggak pake]

bahan isi:
50 gram butter cream [saya bikin dari 50 gr unsalted butter + 2 sdm gula halus. Dikocok sampai pucat]
50 gram keju cheddar parut [saya tambah meises]

Cara membuat:
1.       Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
2.       Tambahkan mentega asin leleh dan esens vanila sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
3.       Tuang adonan di  loyang 26x26x3 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
4.       Oven  dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius 20 menit sampai matang.
5.       Oles cake dengan buttercream tipis-tipis. Tabur satu sisi dengan keju parut yang tebal. Gulung dan padatkan.

Untuk 12 potong

Happy baking :)
Devi-BunKim

4 comments:

  1. Selalu mundur kl liat resep cake telurnya lebih dr 10, kl gagal meweeeeekkk :P
    Gulung nya saat msh panas2 yaa bun?

    ReplyDelete
  2. iya, mbak Titiek..katanya begitu. blm pernah coba juga, kmaren udah keburu dingin waktu nggulung :)

    ReplyDelete
  3. Wuaaahhh, lezatnya. Menyenangkan kalo bisa bikin sendiri. Jadi ga usah beli lagi deh. Tapi kalo gagal,menyedihkan sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sekali gagal dicoba lagi, lama-lama bisa bagus Mbak *sambil nyemangati diri sendiri juga :)

      Delete