Saturday 19 January 2013

Apem beras gonjreng [beet root coloring]




 Di resep aslinya di majalah sedap, apem ini warnanya pink muda pake pewarna makanan. Awalnya saya mau bikin warna putih aja, tapi kok terlalu plain ya. Mau bikin coklat pake bubuk coklat? Hmm..ntar rasanya berubah. Dan waktu siang bongkar-bongkar kulkas nemu jawaban atas doa saya: umbi bit alias beet root yang udah beberapa minggu ada di dasar kulkas. Ternyata masih bagus dan bisa banget dipake buat si apem beras. Saking senengnya nemu bit ini, saya semangat banget pake separoh umbi untuk bikin setengah resep apem. Hasilnya? Apem bukan warna pink lembut tapi jadi pink fanta alias rosepink alias pink garang :P Mungkin pasnya pake ¼ umbi aja ya. Pas adonan belum dikukus, warnanya rosepink pucat dan setelah matang jadinya ngejreng bangeeeet....



Apem ini teksturnya kenyal dan berrongga mirip bika ambon, bikang atau kue tradisional fermentasi lainnya tapi rasanya jauh lebih simple karena nggak pake santan atau telur. Saya bikin setengah resep jadi 21 buah apem, padahal di resep tertulis 1 resep jadi 12 buah. Mungkin cetakan kue mangkok saya mini banget kali ya



Resep apem tepung beras
[resep asli majalah sedap tahun 2001]

Bahan:
200gr tepung beras
1 sdt ragi instan
100 gr tape singkong
50 gr tepung sagu
50 gr gula pasir
3 tetes pewarna merah muda [saya pake ½ umbi bit, diblender dengan 100 ml air lalu disaring]
400ml air kelapa [saya pake air putih biasa. Karena saya bikin ½ resep jadi pake 100ml air putih + 100ml beetroot juice]

Cara membuat:
1.       Remas-remas tepung beras, ragi instan, dan tape sambil diuleni sampai lembut. Tambahkan tepung sagu, gula pasir, dan pewarna merah jambu. Aduk sampai rata.
2.       Tuang air, aduk-aduk selama 15 menit. Diamkan 6 jam [saya diamkan 3 jam, lalu saya coba kukus sebagian adonan. Ternyata hasilnya sama aja dengan yang didiamkan 6 jam hehe. Kayaknya asal udah muncul gelembung di adonan udah bisa dikukus ya]
3.       Tuang ke cetakan kue mangkook yang telah dioles minyak. Kukus dalam kukusan yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Angkat setelah 15 menit



Happy cooking :)
Devi-BunKim

No comments:

Post a Comment