Tuesday 29 November 2011

[flash fiction] Di Stasiun


Walo udah tiap hari ketemu sama molornya jadwal KRL, tapi tetep aja belum terbiasa... masih dongkol dan manyun nunggu di pojokan stasiun. Kulaporkan kesalku dengan update status di FB. Lagi seru-serunya bales komen, seorang perempuan tua menghampiriku lalu membisikkan beberapa kalimat yang –tentu saja- sudah dihapalnya di luar kepala. Saya mau pulang tapi tidak punya uang, anak saya sakit bla bla bla. Tipikal peminta-minta sekaligus penipu kelas teri yang kerap berkeliaran di sepanjang peron stasiun ini. Kugerakkan tanganku sebagai tanda tak bersimpati padanya. Ia berpaling dengan putus asa. Diam-diam kuamati gurat tua di wajahnya, nampak bingung dan kelelahan. Akting yang bagus! Tak berhasil mengelabuhiku, dia berjalan gontai lalu berjongkok di dekat jalan keluar. Aku puas.

Aku melirik tivi yang sedang menyiarkan berita orang hilang, seorang perempuan tua berumur 62tahun.. lalu perhatianku beralih pada BBM yang baru masuk. Pacarku kehilangan ibunya yang baru saja datang dari kampung, di stasiun senen. Ku zoom foto ibu yang dikirimvia BBM dan jantungku serasa berhenti berdegup. Foto yang sama seperti terpampang di layar tivi. Aku ingat sekali wajah tua penuh gurat lelah itu, baru saja dia di sebelahku. Aku mengejar kearah  pintu keluar sambil mata terus jelalatan. Ia tak nampak dimanapun.

------------------------------------------------------------------------------------------
info lengkap tentang FF alias flash fiction ada disini
foto diambil tanpa ijin dari sana

:: hobi lama bersemi kembali ;P ::
salam,
devi BunKim

20 comments:

  1. Jadi inget dosen Penulisan Populerku dulu Alm Bapak Ismail Marahimin....

    Maaf ya Pak, ilmu yg bapak ajarkan menempel sekali di ingatan saya, tapi mau mulai menulis itu sungguh sulit & banyak godaan....

    Semoga tetap menjadi ibadah yg mengalir sepanjang masa bagi Bapak, amin....

    ReplyDelete
  2. Kena deh...
    Salut sama yg bisa nulis cerita FF :)

    ReplyDelete
  3. wow, aku sering baca flash fiction, kirain sama aja dengan cerita pendek mini, hehehehe....tnyata itu bukan cuma istilah aja, hehehehe....TFS^^

    ReplyDelete
  4. waah... kayak gini ternyata ada di kurikulum juga, mbak. sastra to? hehe...

    saya dulu kuliah disamping sastra dan selalu kagum dengan mahasiswa sana yang -nampaknya- selalu menikmati hidup dan ga pusing soal tugas semesteran, ngumpul terussss di kansas ;)

    amiiiin doa utk pak ismail ;)

    ReplyDelete
  5. wah wah bisa bisa di tolak jadi mantu deh .. hehehhe

    ReplyDelete
  6. huks....

    ini FF pertamaku, Mbak... masih jauuuuuh dari pakem2 FF yang sebebernya yah. masi meleber dan klimaksnya ga cantik :) kayaknya judulnya kuganti FF wanna be aja kali yah XD

    tapi emang, penulis FF itu pasti pinter dan hebat..bisa meramu kisah menarik dalam sekian kata saja;)

    ReplyDelete
  7. dulu kukira juga begitu, Mbak...
    gara2 ada lomba bikin FF beberapa bulan lalu, jadi googling dan tau sedikit ttg pakem FF ;)

    ReplyDelete
  8. hehe.. kalo lagi syuting acara "tolong" jelas dia ga akan dapet duit >,

    ReplyDelete
  9. Xi xi xi iya... nongkrong kalo gak di Kansas di Teater Kolam... wkwkwk
    Masa2 indah, hidup tanpa beban... Selalu happy xi xi xi

    Berarti anak Fisip ya?

    Ini salah satu mata kuliah favourite ku, yg tulisannya bagus dapet bintang dari Pak Ismail, makin banyak bintangnya makin bagus...
    Kalo dapet 3 bintang happpyyyyyy bangets....
    Padahal itu mata kuliah umum...

    Kalo matakuliah wajib dapet nilai bagus biasa aja, gak se happy dapet 3 bintang dari Pak Ismail...

    Stasiun juga tempat kenanganku mba, dulu aku gak kost, tapi bolak balik naik kereta, berangkat dari gambir, tapi kalo pulang turun di cikini....

    Ketemu si abah juga di kereta wkwkwkwk
    Asmara jabotabek...
    Biar sekampus kalo bukan karena kereta kali aku gak kenal doi... xi xi xi

    ReplyDelete
  10. FF pertama aja dah bagus begini....

    Hebaaat eeuuyyy...

    ReplyDelete
  11. aku bukan almamater jaket kuning, mak... dr kampus biru hehe..
    tapi di sana, sastra juga deketan fisip..ditengah2 ada fapsi, itulah kampusku tercintah ;)

    ahaha...kereta dan stasiun emang menyimpan banyak cerita ya. apalagi kalo sampe ketemu jodoh di kreta ^^

    ReplyDelete
  12. Ohh dari Gundar?

    Iya kalo inget di kereta, ada 2 yg nguber2 aku *GR.com
    Salah satunya si abah tuh.... wkwkwkw

    Yang satu kerjanya ngipasin aku di kereta wkwkwk bukan aku yg minta..

    Yg satu rajin jinjingin kamusku yang segede gaban tiap hari dari stasiun UI jalan kaki sampe sastra sambil mayungin aku... wkwkwk

    Memang bener ya kata2 bijak yg bilang:

    To be old and wise... You must first to be young and stupid.....

    Kalo dipikir2 kok mau2nya tuh cowo ngipasin, mayungin sama nentengin kamus ya ??

    ReplyDelete
  13. waaaah.... malah jadi bernostalgila jaman muda dulu. mendinglah kalo dulu young and stupid tp sekarang udah wise ya xixi...



    kampus biru = ugm, mak. diriku perantau disini

    ReplyDelete
  14. Waaahhh kereeeennnn

    Aku dari dulu bercita2 pingin main ke Bulaksumur....
    Katanya selalu dapet Grade A ya kalo ada penilaian Kampus2 se Indonesia....

    Dari Fakultas Psi mba?
    Aku suka berhubungan sama UPAP UGM :)
    Tapi blm kesampean main ke sana :'(

    ReplyDelete
  15. iya, psi..
    kalo skor berimbanglah sm jaket kuning [jaman dulu, kurang tau skrg hehe]

    ayo silakan main ke sana, sekarang wisma ugm udah makin megah katanya.. bisa nginep dkt kampus dan napak tilas kehidupan mahasiswa ;)

    ReplyDelete
  16. Yg aku tau saat ini satu2nya fakultas psi yg dpt grade A di Indonesia ya UGM...
    Krn penilaiannya gak cuma dilihat dari skor/mutu tapi dari infrastruktur, misalnya besarnya ruangan tiap dosen, kelas dll, juga perihal pertukaran mahasiswa asing.

    Kereeennnn :)

    ReplyDelete
  17. waah... malah ga tau aku, Mak XD

    dirimu dosenkah, Mak? paham bener sama kampus2 di indo? ;)

    ReplyDelete
  18. Xi xi xi, Bukan mak, kakakku yg dosen Psi jd bnyk tau dari dia...

    ReplyDelete