Sunday, 10 September 2017

Pisang Cavendish Sunpride: Ide Snack Sehat & Unik dari Pisang





Pada suatu siang sepulang sekolah, anak lelaki saya yang waktu itu masih duduk di kelas TK B menyerahkan surat pemberitahuan dari gurunya yang berisi: tugas membawa snack untuk dimakan bersama di kegiatan tahunan kelas besok. Sayapun segera memutar otak, mencari snack yang mudah disiapkan dan disukai anak-anak. Biasanya pada acara makan bersama di kelas, anak-anak membawa aneka snack kemasan seperti biscuit, wafer, permen, coklat, krupuk, dan semacamnya. Tapi daftar snack semacam itu sudah saya coret sejak awal karena memang saya ingin membiasakan anak agar membatasi konsumsi makanan kemasan. Selain menghindari  kandungan zat artifisial [pemanis buatan, perasa, msg, pewarna, pengawet] yang berlebihan pada snack kemasan, anak-anak sebaiknya lebih banyak diberikan kesempatan mengenal rasa alami snack sehat kan? Dengan begitu, ketika dewasa nanti mereka sudah terbiasa dengan makanan sehat dan memilih makanan sehat dengan kesadaran sendiri demi memiliki tubuh yang sehat.

Daftar snack sehat yang mungkin bisa dibawa adalah buah-buahan, tapi saya agak khawatir jika teman-teman sekelasnya kurang suka buah. Mengingat biasanya anak saya bercerita bahwa teman-temannya banyak yang menyisihkan buah di kala snack time hahaha. Tapi dengan berbekal hasil browsing di internet, sayapun menemukan trik pengemasan buah yang pasti akan disukai anak-anak. Sore harinya, saya menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu kain perca, kain tile, lem tembak, ballpoint, gunting, pita, dan renda. Semua bahan-bahan itu selalu ada di rumah karena saya memang suka membuat prakarya sederhana bersama anak. Dan hari itu, saya mau mendandani pisang! Mendandani pisang? Ya, pisang yang tampil polos mungkin kurang menarik bagi anak-anak yang tak suka buah, tapi pisang berkostum mungkin sekali menarik perhatian mereka. Mungkin ada Ayah-Bunda yang sedang mencari pilihan snack sehat untuk acara ulang tahun atau kumpul anak, pisang berkostum ini bisa jadi pilihan. Bikinnya mudah, bahannyapun dapat disesuaikan dengan stok yang ada di rumah. Jika tak ada perca kain, bisa memakai kain felt ataupun kertas warna-warni.





Keesokan harinya, sepulang sekolah anak saya bercerita pisang berkostum yang dibawanya jadi rebutan karena semua temannya suka tapi jumlahnya kurang banyak. Meskipun bersyukur karena anak-anak antusias memakan pisang berkostum, tapi jadi agak menyesal kenapa tak menyiapkan pisang berkostum yang lebih banyak hehehe


Nah kalau di keluarga kami, pisang ini termasuk buah yang wajib ada di meja makan karena hampir tiap hari anak semata wayang minta dibuatkan pisang keju-meises. Selain gampang dibuat, menu ini pasti habis dalam waktu cepat karena anak saya suka sekali sajian pisang dengan taburan keju parut dan sedikit meises. Kalau saya dan suami, biasanya pisang dimakan begitu saja sebagai buah sarapan pagi atau snack sore. Salah satu jenis pisang yang rutin kami sediakan di rumah adalah pisang cavendish produk dari Sunpride, pisang pasti Sunpride.

Pisang Cavendish banyak dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan sehingga tidak rentan terhadap penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense [sumber]. Dulu saat pertama kali tahu tentang pisang cavendish Sunpride, saya mengiranya sebagai produk import karena penampilannya yang kuning cantik dengan permukaan mulus. Belakangan saya baru tahu bahwa pisang cavendish Sunpride merupakan produk nusantara yang ditanam di perkebunan milik grup Gunung Sewu di daerah Lampung. Warna kuning cantik dan penampilan yang mulus didapatkan karena perawatan yang maksimal mulai dari pemilihan bibit hingga pengemasannya. Wah, kalau gitu nggak ragu-ragu lagi mengkonsumsi pisang cavendish Sunpride karena dengan memilih mengkonsumsi buah lokal berarti kita juga ikut membantu memajukan perkebunan pisang di tanah air, harganya lebih terjangkau, lebih segar, dan bisa ikut serta mengurangi polusi yang bisa ditimbulkan oleh proses pengangkutan yang panjang dari buah import.

Pisang sering disebut-sebut sebagai buah surga karena rasanya yang lezat layaknya buah di surga. Saya sangat setuju pada julukan itu, begitu juga seluruh masyarakat Indonesia. Terbukti dari data Kementerian Pertanian yang menunjukkan konsumsi pisang dalam lima tahun terakhir selalu menempati posisi tertinggi di antara jenis buah yang lain [2014, sumber]. Selain lezat, pisang juga mudah didapatkan, praktis dibawa, dan mengandung banyak vitamin, serat, serta mineral penting untuk tubuh.



Pisang cavendish sangat mudah didapatkan di berbagai gerai belanja, mini market, hingga supermarket. kita dapat membeli pisang sesuai kebutuhan karena PT. Sewu Segar Nusantara menyediakan pisang cavendish dalam beberapa pilihan, yaitu:

  1. Canvendish single
Satu pisang cavendish yang dikemas dengan plastik khusus sehingga mudah dibawa dan tetap terjaga kesegarannya. Pisang single yang banyak tersedia di mini market di seluruh Indonesia ini, sangat cocok dibawa sebagai bekal snack sehat, sarapan praktis ketika di kendaraan, atau persiapan bekal ketika harus pergi mendadak ke suatu tempat.

  1. Canvendish finger
Pisang cavendish yang terdiri atas 1-2 buah pisang, cocok untuk bekal atau persediaan buah harian.

  1. Canvendish cluster
Pisang cavendish yang terdiri atas 3-8 buah pisang, biasanya terdapat di supermarket atau gerai belanja besar. Sangat cocok untuk persediaan keluarga selama beberapa hari.


Saya biasa membeli pisang cavendish Sunpride dari Giant yang paling dekat dengan rumah saya.



Selain pisang Cavendish, Sunpride juga memiliki banyak buah nusantara lainnya lho, seperti buah naga, jambu Kristal, jeruk baby, mangga chokanan, melon, nanas honi, pepaya California, dan pisang mas. Semuanya kesukaan keluarga kami!

No comments:

Post a Comment