Tuesday 30 April 2013

Taiyaki [wannabe]

 

Sebenernya udah lama beli cetakan taiyaki, sekitar 4-5 bulan lalu. Udah sering juga dipake [bikin taiyaki beberapa kali dengan berbagai resep dan buat bikin dadar telur juga hehe] tapi baru kali ini mau posting gambarnya. Taiyaki itu konon kata wikipedia adalah jajanan khas jepang yang berbentuk ikan [tai] dan dipanggang [yaki], biasanya diberi isian anko [selai/pasta kacang merah]. Kalo baca-baca resepnya sih kayaknya nggak beda jauh dengan apem kalo di Indonesia ya, bahan-bahannya tepung terigu, mentega, telur, gula, garam. Kalo yang saya bikin ini jelas taiyaki abal-abal, cuma bentuknya doang yang mirip hehehe. Sebenernya kemarin udah bikin pasta kacang, tapi karena lupa masuk kulkas jadi pastanya keburu basi sebelum dipake >,< Alhasil, bikin taiyaki hari ini pake isian kismis cincang

 
Taiyaki waktu masih di panggangan, masih ada sisa adonan yang mbleber. Setelah matang, sisa adonan bisa digunting biar ikannya lebih cantik dan rapih

 
Resep asli taiyaki pake baking powder dan saya lagi males ngotak atik resep jadi cari amannya saja, bikin taiyaki pake resep waffle yang tanpa baking powder. Nemu resep waffle nya disini http://pumpkinwaffles.wordpress.com/ultimate-pumpkin-waffle-recipe-metric/. Sebelumnya udah pernah 2 kali nyoba resep ini, pake puree labu juga tapi tanpa baking powder. Karena cara bikinnya pake teknik sponge cake jadi berani-berani aja skip baking powder, pasti jadi dan nggak bantat deeeeh. Kali ini karena labunya habis jadi nggak pake labu. Tepung terigu saya pake setengah resep, bahan-bahan lain ditambahkan sesuka hati. Cara bikinnya sama plek dengan resep dari link diatas.



Happy baking ;)
Devi - BunKim

5 comments:

  1. wah, isi blognya..., hmmm, yummi. asli menggoda, soalnya saya suka masak juga. terutama buat cemilan anak-anak. cetakannya cari di mana ya? eh, salam kenal. semoga ajang silaturahmi ya :)
    btw, rebellinapassy=rebellinasanty. yg passy, ac di fb, yg santy untuk blognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Santy, saya dapet cetakannya dari ace hardware [MM Bekasi]..kepake banget buat nyenengin anak hihi. makasih udah mampir ya :)

      Delete
  2. Di ace hardware semarang ga ada.. brp mb beli cetakannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya limited ya mbak, sejak saya beli itu sampe sekarang juga ga pernah ada lagi di ace hehe. harganya sekitar 100rb-an :)

      Delete
  3. Hallo mba Devi, boleh nanya pake tepungnya merk apa gak?

    ReplyDelete