Thursday 30 May 2013

Tuna Melt Pizza




Saya bukan pecinta pizza tapi sejak dulu sukaaaaa banget sama tuna melt pizza h*t, sayangnya suami saya nggak doyan pizza jadi kalo mau ngajak makan di warung pizza agak-agak males, masak saya makan sendirian sementara suami cuma ngeliatin. Lagipula, perut kecil saya nggak muat untuk seporsi pizza apalagi yang medium, kalo dibawa pulang pun udah nggak enak karena dingin. Naah dalam rangka mengobati kangen saya sama si tuna melt, saya pun bikin tuna melt sendiri. Kebetulan punya ikan tuna fillet yang lumayan murah, dipasar biasa beli 10 ribu dapet sepotong gede bisa buat 4-5 kali makan Kimi. Buat persediaan kalo lagi males masak, si tuna ini biasanya saya potong kecil-kecil trus dicemplungin ke sayur.. bisa sayur lodeh, sop, oseng kacang, cah pakcoy, dst. Anti ribet :)


 Dari googling, nemu 2 resep tuna melt yang kelihatan menarik. Bedanya Cuma di penambahan mayonaise aja, saya bikin dengan menggabungkan kedua resep itu trus di modif sesuai stok di dapur. Untuk tambahan ijo-ijonya saya pake kacang panjang ahahaha cuma di dapur saya kayaknya pizza kok topingnya kacang panjang :D Untuk pizza crust saya pake resep dari majalah sedap, bagian pinggirnya dibuat a la pizza h*t yang ada isian keju lelehnya. Uhm yummmmmmmy :)



Resep aslinya menghasilkan 3 buah pizza crust, saya bikin 2/3 resep mestinya jadi 2. Tapi adonan saya bagi 2, trus yang setengah saya bagi 2 lagi dan saya bikin pizza gulung atau –katanya sih, namanya- calzone. Jadi total ada 1 pizza + 2 pizza gulung yang ukurannya lebih kecil.


Yang mau coba bisa cek resep berikut atau langsung menuju blog rujukan :)

Resep
Tuna melt pizza

Topping
200 gr tuna fillet, kukus, lumat sampai halus
4 sdm mayonnaise [atau sesuai selera]
2 sdm saus tomat
Paprika merah/kuning/hijau secukupnya, cincang
Bawang bombay/ bawang merah secukupnya, cincang
Kacang panjang secukupnya, cincang
Peterseli, cincang
Tomat mini, potong bulat
Gula dan garam secukupnya

Tambahan
Keju parut [mestinya pake mozarella, saya pake cheddar quick melt yang murah :D]
Keju potong [untuk isi pinggiran pizza]
Saus tomat untuk olesan
Susu cair untuk olesan

Pizza crust/ kulit
300gr tepung terigu [saya pake 200gr tepung protein tinggi, cakra kembar]
 1sdt ragi instan
20 gr gula pasir
15 gr susu bubuk [saya skip, tapi air es saya ganti pake susu uht dingin]
165 ml air es [saya pake 100ml susu uht]
35 gr mentega putih [saya unsalted butter]
1 sdt garam [saya ½ sdt]

Cara membuat:
1.       Topping: campur semua bahan kecuali keju parut, sisihkan
2.       Kulit: campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir dan susu bubuk. Aduk rata. Tuangi air es sedikit-sedikit sambil di uleni sampai kalis [kalau adonan masih terlalu keras bisa ditambah sedikit air nya]
3.       Masukkan mentega dan garam. Uleni sampai elastis, diamkan 30 menit
4.       Kempiskan adonan dengan ditinju, bagi adonan menjadi 3 [saya: bagi 2, lalu yang separuh dibagi 2 lagi]. Bulatkan. Diamkan 10 menit
5.       Giling tipis melingkar dengan tebal sekitar 1cm
6.       Pizza gulung: tusuk-tusuk permukaan pizza dengan garpu, olesi dengan saus tomat, tata topping di setengah lingkaran pizza, taburi dengan keju parut, gulung/tutup, rapikan sambil ditekan agar isian tidak meleleh keluar saat dipanggang. Olesi permukaannya dengan susu cair. Oven selama 15 menit dengan suhu 190 dc [pastikan oven sudah dipanaskan dulu 10-15 menit sebelum pizza dimasukkan]. Keluarkan dari oven, panas-panas oles lagi dengan susu cair agar permukaan glossy dan kinclong :D
7.       Pizza: potong bagian ujung selebar 2cm [untuk dibuat pinggiran berisi keju], isi dengan potongan keju, gulung satu per satu dan rapikan. Tusuk-tusuk tengahnya dengan garpu. Oven 10 menit dengan suhu 190 dc. Keluarkan dari oven, oles dengan saus, taburi topping dan keju parut, oven lagi 5 menit dengan suhu 190 dc sampai keju meleleh dan pinggiran pizza berwarna coklat keemasan, panas-panas oles pinggiran pizza dengan susu cair.


Resep pizza crust dimodifikasi dari: majalah sedap, februari 2008
Resep tuna melt dimodifikasi dari resep homecookingmemories dan Vivianpangkitchen

Happy cooking ;)
Devi – BunKim

7 comments:

  1. kayaknya enak, cama buatnya juga gak terlalu susah keliatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener mbak..tinggal diaduk2 aja :) mari dicoba

      Delete
  2. Mbak, ini kulitnya jadinya yg keras gitu ato yg lembut ya?

    ReplyDelete