Thursday 30 May 2013

Baguette [french bread] yang 'kemlothak"...





Sebagai penggemar [bikin] roti, baguette udah lama jadi inceran. Tapi karena mbayangin rasanya bakal nggak seempuk dan seenak roti tawar jadi ditunda-tunda mulu bikinnya. Hehe...selama ini taunya roti tawar dan roti unyil doang, nah baca deskripsi baguette jadi maju mundur. Katanya kan teksturnya keras, kulit chruncy, berpori besar, rasanya tawar banget [biasa disajikan dengan soup atau topping biar lebih terasa enak]. Tapi baca di 2 blog, mereka yang tau banget baguette yang asli perancis bakalan jatuh cinta sama roti besar yang merekah-rekah cantik ini. Akhirnya bikin ajalah daripada penasaran terus, niatnya nggak bakal dimakan begitu aja. Lidah jawa saya nggak akan doyan makan roti beroles butter doang deh :D Jadi rencananya mau bikin garlic bread a la pizza h*t dan bikin bread pudding.
Resepnya saya ambil dari buku resep sedap, pas nguleni adonan agak curiga karena adonanya keras banget kayak kurang air gitu. Tapi karena yang ini spesial, okelah saya bikin apa adanya saja. Ternyata oh ternyata pas mateng jadinya super keras, apalagi kulitnya... hadeeeh bukan crunchy tapi beneran “kemlothak” wkwk [kemungkinan besar karena olesannya pake putih telur, sebelumnya bikin roti yang minim air tapi pas mateng kulitnya nggak sekeras ini kok >,<]. Sayatan untuk memberi rekahan juga kurang dalem, pas mau di oven baguettenya agak flat dan rekahannya nggak terlalu heboh. Tekstur dalemnya nggak berrongga besar, biasa aja seperti roti pada umumnya. Mungkin karena tepungnya tepung roti biasa atau karena saya yang nggak bisa nguleni ya
Belakangan, saya baca di sebuah blog katanya justru baguette ini pake banyak sekali air [2 air : 3 tepung] sampe adonan mentahnya lengket. Jumlah air yang banyak inilah yang menghasilkan tektur berlubang besar dan renyah-lembut dari si baguette.
Karena nggak terlalu puas sama hasilnya, resep nggak saya posting dulu ya. Cukup pamer foto aja :D


No comments:

Post a Comment