Thursday 30 May 2013

Kembung Goreng, Sambal Matah [Bali]

 
Lagi-lagi gegara nonton wiskul pak Bondan, terracuni makanan enak lagi. Kali ini ada sambal matah dari Bali. Pernah baca dimanaaa gitu, matah itu artinya mentah/ tanpa dimasak jadi sambel ini unik karena nggak diulek, nggak dimasak, nggak pake ribet. Tapi karena saya nggak doyan bawang merah mentah, saya nggak ngikut pakem sambel matah deh...saya goreng sebentar sambalnya biar langu-pedas si bawang merah bisa berkurang. Jadi mestinya judul posting ini diganti aja ya: sambal [setengah] matah.
Sambal matah ini khas sekali dengan tambahan batang sereh/serai dan daun jeruk, wanginya seger banget. Awalnya agak ragu apa serehnya enak dimakan, selama ini sereh cuma jadi bumbu masak dan nggak pernah dimakan langsung, tapi ternyata enak dan seger lo. Nggak ada aroma, tekstur, dan rasa yang aneh dari si sereh. Duet maut sama si daun jeruk, jadi makin manteb. Untuk sambal, daun jeruk memang top markotop..saya paling suka sama sambel pecel, sambel lotek, dan sambel urap yang pake banyak daun jeruk. Untuk 3 sambel yang saya sebutin terakhir, daun jeruknya duet sama kencur dan baunya juga wueeeeenaaaak seger.
Sambal matah biasanya disajikan dengan ikan bakar, di dapur saya pake ikan kembung goreng. Selamat makaaaan ;)


Resep
Sambal Matah

Bahan:
8 butir bawang merah, diiris halus
2 siung bawang putih, diiris halus

10 buah cabai rawit merah, diiris halus [saya pake cabe keriting + cabe rawit. Nggak doyan pedes ekstrim]
1/2 sendok teh terasi bakar
2 lembar daun jeruk, diiris halus
2 batang serai, bagian putihnya saja, diiris halus
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
1/2 sendok makan air jeruk nipis
3 sendok makan minyak goreng, dipanaskan

Cara membuat:
1.     Aduk rata bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, daun jeruk, serai, garam, gula pasir, dan jeruk nipis sambil diremas-remas.
2.      Tambahkan minyak yang sudah dipanaskan. Aduk  rata. [saya: goreng sekitar 1-2 menit]

Untuk 4 porsi
[Disajikan bersama ikan kembung goreng dan nasi hangat. Nyaaam...]


Sumber resep: sajiansedap

No comments:

Post a Comment