Thursday 30 May 2013

Zebra cake & cookies




Kalo nggak salah inget, bikin cake zebra ini bareng sama bikin bolen. Karena ada sisa putih telur jadi mau nyontek resep zebra cake NCC [Bu fatmah], baru tau kalo ternyata bikin motif zebranya itu lumayan gampang cuma dituang sedikit-selang seling saja. Kreatif banget ya pencipta zebra cake ini hehe. Trus cake masih bertahan setelah lewat 24jam, akhirnya diiris tipis dan jadi zebra cookies. Kimi lebih doyan versi cookiesnya daripada cake nya 


 Seperti biasanya, zat additif saya skip. Let’s check the recipe :)

ZEBRA CAKE
by fatmah bahalwan

Bahan A:
350 cc putih telur
200 gr gula halus [saya pake 75gr]
1 sdt cake emulsifier [saya skip]
1/2 sdt Cream of tar-tar [saya pake air jeruk nipis]
1 sdt vanili [saya skip]

BahanB:
175 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm susu bubuk full cream

Bahan C:
200 gr mentega cair

Bahan D: [saya pake 1sdm coklat bubuk, dicampur rata dengan sedikit air hanta jadi mirip pasta]
1 sdm pasta cokelat
1 sdt pasta mocca

Caranya:
1. Kocok bahan A hingga kental, masukkan bahan B, aduk rata. Tuangi bahan C aduk lagi hingga rata.
2. Ambil seperempat bagian adonan, campur dengan bahan D, aduk.
3. Tuang kedalam loyang bulat dititik tengah, berganti-ganti, putih 2 sendok dan 1 sendok cokelat, hingga nantinya akan membentuk motif zebra.
4. panggang dalam oven hingga matang. [saya pake oven di 170dc selama sekitar 25 menit, sampai bagian atasnya keemasan, dites pake colokan udah ga lembek dalemnya]

Untuk zebra cookiesnya, zebra cake diiris tipis trus dirapikan pinggirannya, lalu panggang sekitar 5-10 menit di suhu 160 dc.

 Sumber resep disini

Happy baking :)
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment