Wednesday 29 May 2013

Passau nggela [lapis labu]





Nemu resep lapis ini di majalah sedap edisi februari 2013, saya googling tentang lapis satu ini tapi nggak nemu artikel atau resep sejenis. Menurut majalah sedap, lapis ini makanan khas Sulawesi Tenggara. Warnanya putih-kuning terang, cantik banget. Teksturnya nggak terlalu kenyal, tapi ringan dan lembut. Kalo mau bikin, pastikan dulu lapisnya udah dingin ya [lebih bagus kalau pisaunya dioles sedikit minyak] soalnya kalo panas-panas udah diiris, jadinya nggak karu-karuan kayak punya saya ini hehe. Karena bikinnya udah kesorean, suami dan anak udah kelaparan jadilah panas-panas udah langsung diiris dan di makan. Untungnya masih sisa beberapa potong untuk difoto. Motretnya magrib-magrib, udah kemaleman jadi gelap >,<

Passau Nggela [lapis labu]
Makanan khas Sulawesi Tenggara

Bahan I:
250 gr labu kuning, kukus, haluskan selagi panas
2 butir telur
75 gr gula pasir [saya pake 30gr, manisnya jadi tipiiiis banget]
100 ml santan dari ½ butir kelapa
100 gr tepung beras
½ sdt vanili bubuk [saya skip]
½ sdt garam

Bahan II [aduk rata]:
3 sdm tepung terigu [saya pake 5sdm]
2 sdm gula pasir halus
150 ml santan kental dari ½ butir kelapa [saya pake 200ml]

Cara membuat:
1.      Kocok telur dan gula pasir sampai setengah mengembang
2.      Masukkan labu, santan, tepung beras, vanilli, dan garam. Kocok hingga kental
3.      Tuang setengah adonan bahan I ke dalam loyang kotak ukuran 18x18x7cm
4.    Kukus diatas api sedang selama 10 menit sampai mengeras. Tuang ½ bahan II diatasnya. Kukus diatas api sedang selama 5 menit hingga matang
5.     Tuang sisa adonan bahan I. Kukus lagi 10 menit. Taung sisa adonan bahan II. Kukus lagi 20 menit hingga matang

Sumber resep: majalah Sedap edisi Februari 2013

Happy cooking :)
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment