Tuesday 21 May 2013

Bienenstich




 Jujur saja, saya nyoba resep ini karena namanya lucu  xixixi.. bienenstich itu bahasa Jerman untuk sengat lebah. Jadi konon katanya, waktu roti ini dibuat toppingnya yang wangi dan manis madu mengundang lebah berdatangan sampai-sampai si pembuat roti tersengat lebah. Wow... prolog resep yang sangat menarik buat saya :D
Kebetulan juga tadi pagi ngobrolin tentang Jerman sama suami, jadi siangnya langsung kluthekan di dapur bikin yeast cake khas Jerman ini. Ya ndak papa ya yah, belum bisa ke Jerman..sementara nyicip roti jerman dulu. Bienenstich termasuk yeast cake karena merupakan perpaduan antara cake dan roti, pake ragi tapi dipanggang dalam cetakan cake. Katanya kue ini populer sekali di Jerman, kalo disini sih saya belum pernah denger...kalah jauh sama pizza Italia atau donut Amerika. 


 Bienenstich biasa disajikan dengan filling vla atau cream dengan topping madu dan almond yang yuuuuuuuummmmm. Cake atau roti dengan topping almond atau olesan madu mungkin udah biasa, tapi kalo almond dan madunya dicampur trus ditambah butter.. waah bikin ngiler banget deh. Dan itulah topping si bienenstich ini.


 Cara bikinnya nggak beda jauh sama roti lain, yang beda Cuma ada langkah memasak butter dan susu sebelum dicampur dengan bahan kering dan telur. Saya bikin setengah resep, jadinya 1 roti ukuran sekitar 20x20cm tebal 4cm-an. Kalo tekstur, roti ini mirip sama donat tapi sedikit lebih padat. Yang saya buat ini less sugar jadi nggak terlalu manis [manisnya udah cukup dari vla filling dan topping], kalo takaran gula sesuai resepnya sih jadinya bakal seperti roti manis ya. Oya, punya saya ini kayaknya overcook ya, toppingnya gosong-gosong eksotis seperti biasa :D

Ada yang penasaran mau coba?
Ini resepnya dari buku resep aneka roti mancanegara terbitan sedap



Resep
Bienenstich [Bee sting cake]

Bahan dasar roti:
200 ml susu cair
50 gr margarin --> saya pake butter
350 gr tepung terigu protein sedang --> saya pake protein tinggi
1 bungkus ragi instan [11gr]
50 gr gula pasir --> saya pake 2 sdm
½ sdt garam
1 butir telur

Bahan topping
100 gr mentega tawar
50 gr gula pasir  --> saya pake 1 sdm
½ sdm madu --> saya pake 2sdm
2 sdm krim kental --> saya ganti sedikit susu cair UHT
100 gr almond slice

Bahan filling [ di resep pake vla instan]
Vla:
1 kuning telur
15gr tepung maizena
100 ml susu cair
2 sdm gula halus


Cara membuat:
1.     Roti: panaskan susu cair dan margarin. Aduk sampai larut. Biarkan hangat
2.  Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Tambahkan telur dan campuran susu sedikit-sedikit sambil diuleni sampai elastis. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
3.  Giling adonan setebal 1 cm. Letakkan di loyang 28x28x3cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Diamkan 40 menit sampai mengembang.
4.   Topping: panaskan mentega tawar. Tambahkan gula pasir dan madu. Aduk sampai larut. Tuang krim kental. Aduk rata. Tambahkan almond slice. Aduk rata. Angkat
5.      Oles bagian atas toti dengan topping. Oven 20 menit dengan suhu 180 dc sampai matang
6.      Filling vla: panaskan susu cair. Kocok rata maizena, gula halus, dan kuning telur dengan whisker. Tambahkan sedikit susu panas, aduk rata. Masukkan adonan ke susu yang masih direbus. Aduk terus sampai mengental. Angkat dan dinginkan
7.       Penyajian: belah roti jadi 2, isi dengan bahan filling, tangkupkan. Sajikan 

Untuk resep vla, saya nyontek vla untuk kue sus dari sini bikin 1/3 resep dengan sedikit modifikasi.

Happy cooking :)
Devi - BunKim

2 comments: