Tuesday 4 June 2013

Ayam Panggang Wijen

 

Setelah keranjingan ikan panggang, akhirnya mulai ekspansi ke ayam panggang. Ceritanya minggu kemarin beli 2 majalah sedap bekas, tahun 2011. Isinya bikin ngiler semua, ada puding yang penampilannya seperti opera cake, tiramisu, black forest, dkk. Ada beberapa jajanan tradisional yang menggoda. Ada dimsum rebus dan goreng. Ada juga beberapa resep ayam panggang. Semuanya belum pernah saya bikin sebelumnya. Khusus untuk ayam, selama ini saya biasa mengolah dalam potongan kecil [rica-rica ayam, sop ayam, cah ayam] karena suami saya nggak suka ayam yang hambar sementara saya belum bisa bikin ayam goreng/gulai/panggang yang bumbunya bisa meresap ke dalam kalo ayamnya dipotong besar-besar.

Jadi semalam sebelum ngajak Kimi bobok, mulai bikin racikan bumbu ayam panggangnya. Di resep asli judulnya "Ayam panggang oriental" tapi karena ada beberapa bumbu yang saya skip, yang saya buat ini ganti judul jadi "Ayam panggang wijen" saja :) Jadi ayamnya saya rendam bumbu semaleman, simpen di chiller, paginya jam 4 tinggal masukin ke oven, tunggu 60 menit. Siap deh sarapan dan bekal untuk kami. Bumbunya meresap sampe ke dalam, dimakan pake oseng buncis dan sambel terasi aja udah enyaaaak *muji masakan sendiri. dosa nggak ya? :P


Resep
Ayam panggang Wijen

Bahan:
5 buah paha ayam
1 sendok teh garam
1 sendok teh air jeruk nipis

Bahan Perendam:
3 siung bawang putih, haluskan
2 cm jahe, parut halus
1 sendok teh kecap ikan
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1/2 buah bawang merah, cincang kasar
1 sendok teh minyak wijen
1 sendok teh wijen sangrai, untuk taburan


Cara membuat:

1. Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk lemon. Diamkan 15 menit.
2. Aduk rata bahan perendam. Masukkan ayam, tusuk-tusuk dengan garpu.  Diamkan dalam lemari minimal 30 menit
3. Letakkan ayam diatas loyang yang dialasi aluminum foil.
4. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celcius 65 menit sampai matang sambil dioles sisa bahan      perendam.
5. Sajikan dengan taburan wijen sangrai.


[Bumbu yang saya skip Kecap ikan dan saus tiram, nggak punyaaa. Trus saya tambahi sedikit pala bubuk]
Resep asli dari majalah sedap atau bisa diakses di sajiansedap



Happy cooking :)
Devi - BunKim


No comments:

Post a Comment