Tuesday 4 June 2013

[BTB] Bukan telur biasa :D



Hihihi ini bukan nama vocal grup yang mau menandingi BBB lo ya

Gegara liat beberapa temen di FB dan grup yang posting makanan lucu ini, jadi bikin juga deh akhirnya. Jadi ini adalah puding telur ceplok. Biasanya pada bikin pake agar atau jeli kuning dan jeli plain + susu. Punya Kimi ini pake puree kabocha untuk bagian kuningnya. Lebih bergizi dan sehat tanpa pewarna makanan. Yeeeee :)

Jadi cara bikinnya gampang banget ya, sebungkus jelly dibagi 2. ¾ bagian  dimasak dengan susu UHT plain, sisanya yang ¼ bagian dicampur dengan air dan puree labu [sekitar 100gr kabocha dikukus, dihaluskan] trus dimasak sampai mendidih *. 
Bagian kuning dicetak di cucing / cetakan talam, isikan setengah saja. Trus didinginkan. Taruh bagian kuning yang udah dingin ke tengah cetakan bulat yang lebih besar, lalu tuangi bagian putihnya. Tunggu sampai dingin, siap dihidangkan. Punya Kimi ini disajikan dengan selai strawberry homemade. Sluuuurp

* Note: takaran air dan gulanya silakan ikuti petunjuk di kemasan jelli atau tergantung selera. Ada yang suka jeli "keras", berarti takaran airnya bisa dikurangi. Kimi pake 2sdm gula untuk adonan putih dan 1/2 sdm gula untuk adonan kuning. jadinya manis yang tipissss :)

** Foto dibawah ini bisa memperjelas alat-alat yang dipake untuk bikin puding ini ya. Yang ijo itu cucing, untuk mencetak kuning telur. Lalu setelah itu ditaruh di cetakan yang lebih gede, bisa pake loyang kecil atau mangkok kecil. Fotonya gelap banget, difoto kemarin jam 6 sore >,<



Happy cooking :)
Devi - BunKim

2 comments: