Sunday 30 June 2013

[MasBar Juni] Bakpia Kacang ijo



Minggu ini Cuma liburan di rumah, rencana mau kemping Cuma tinggal rencana karena males bakalan rame musim liburan anak sekolah. Apalagi sabtu kemarin suami kuliah dan sorenya agak masuk angin jadi nggak kemana-mana. Sebagai me time dan rekreasi saya, kembali lagi ke dapur. Sejak jumat udah masak macem-macem dan dipotret, Cuma tinggal nunggu males ilang untuk posting ke blog :D Tapi khusus untuk resep yang satu ini, saya posting juga minggu siang ini, mau ngejar waktu tayang 30 Juni ini untuk round up Masbar bertema “kacang-kacangan” hehe. 

 Setelah menimbang-nimbang beberapa pilihan, akhirnya memutuskan untuk bikin Bakpia kacang ijo. Yap, siapa sih yang belum tau bakpia..oleh-oleh khas Jogjakarta yang bercitarasa manis gurih legit dibalut kulit pia yang renyah dan garing. Awalnya bakpia versi original diisi dengan kacang ijo tapi sekarang kalo mampir toko oleh-oleh di Jogja...wah ada buanyaak pilihan filling bakpia, mulai dari keju, coklat, strawberry, coco pandan, talas, dll. Merk dan kisaran harganya juga beaneka ragam, tapi yang paling terkenal enak adalah Bakpia dari daerah Pathok yang berada di Barat Gandekan dan Malioboro. Ada beberapa toko yang menjual bakpia yang masih hangat, baru keluar dari dapur. Wah itu surga banget kalo dimakan di kereta sepulang dari Jogja :D Ciri khas bakpia Pathok adalah kulitnya garing, renyah, dan remah. Di sebuah blog, diceritakan bahwa bakpia pathok merupakan akulturasi makanan pia yang berasal dari Tiongkok [tou luk pia = pia isi kacang hijau] dengan lidah masyarakat Jawa yang suka paduan manis dan gurih. Bakpia Pathok awalnya diproduksi oleh Liem Yung Yen pada tahun 1948, dijajakan dari kampung ke kampung dalam kemasan besek. Bakpia pathok Yung Yen saat ini  dikenal sebagai Bakpia Pathok 75. Kesuksesan bakpia pathok 75 mengispirasi warga Pathok lainnya sehingga saat ini ada banyak sekali merk bakpia yang mirip seperti bakpia pathok 25, 55, 555, dst. [sumber: disini ]


Yang tinggal jauh dari Jogja, kalo kepingin bakpia bisa kita bikin sendiri lho..walau nggak bisa mirip bakpia pathok asli yang dijual di Jogja. Bikinnya ga terlalu sulit, bahan-bahannya juga bahan yang umum ada di dapur kita seperti kacang ijo, tepung, telur, dan minyak. Simple kan?


Nah untuk resepnya, saya nyontek resep Mbak Hesti [lagi]. Makasih banyak ya Mbak, semoga jadi amal jariyah untuk Mbak Hesti...rajin berbagi resep :) Tapi saya modif untuk cara bikin isian kacang ijonya. Resep asli, kacang ijonya dikukus lalu dimasak lagi dengan gula dan santan sampai kalis. Saya yang malesan, kacang ijonya cukup sekali masak. Setelah dikukus, dihalusin pake tumbukan kayu kecil, tambahi gula jawa yang disisir haluuuuus, dan tambah 2 sdm santan kental. Dengan cara ini mungkin hasilnya nggak akan selegit kalo dimasak sampai kalis, tapi gizi kacang ijo –kayaknya- lebih terjaga ya CMIIW :P Seperti biasanya, takaran gula saya kurangi, untuk isian kacang ijo resep asli pake 50gr gula jawa + 25gr gula pasir. Saya Cuma pake 35gr gula jawa, sudah cukup manis :)

  
Selama proses membuat, nggak ada yang susah banget, kecuali tangan belepotan minyak jadi ga bisa megang kamera [untung ada suami yang mau bantuin motret istrinya yang lagi beraksi :*]. Satu resep jadi 19 buah bakpia, setelah mateng kulitnya masih terlalu tebal. Kayaknya kalo dibikin jadi 24 buah bakalan pas nggak ketipisan maupun ketebalan. Kalo adonan isinya, saya buat sebesar jempol itu udah pas jadi 24 buah. Untuk adonan kulit, cara bikin dan adonannya mirip sama roti maryam Cuma untuk ‘pembatas’nya pake adonan pelapis dari tepung + mentega.


Resep
Bakpia Kacang Ijo [Bakpia Pathok]

Bahan kulit:
125 gr tepung terigu protein sedang
65 gr tepung terigu protein tinggi
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
100  ml air
200 ml minyak ( 50 ml utk adonan + 150 ml untuk rendaman)

Bahan pelapis:
65 gr tepung terigu protein sedang
25 ml minyak sayur
1/2 sdm margarin ( saya pake mentega)

Bahan isi:
100 gr kacang ijo, rendam semalaman
2 sdm santan kental
35 gr gula jawa, disisir haluuuus [jadinya manis tipis, resep asli pake 50 gr gula jawa + 25 gr gula pasir]
Garam dan daun pandan secukupnya



Cara membuat:
1.       Isi: kukus kacang ijo bersama daun pandan sampai empuk [sekitar 20 menit], haluskan dengan tumbukan/ulekan kayu atau food processor juga bisa. Tambahkan gula jawa halus, garam, dan santan. Aduk rata dan uleni sampai kalis. Bentuk bulat pipih sebesar jempol.
2.       Pelapis: aduk rata, sisihkan. [adonan jadi berbutir dan agak lembab, menggumpal kalau ditekan]
3.       Kulit: panaskan air hingga hangat [jangan sampai mendidih] lalu masukkan gula aduk hingga gula larut, angkat, sisihkan.
4.       Campur terigu dan garam di mangkok besar, tuangi air lalu uleni hingga rata, tambahkan minyak, uleni lagi hingga kalis.
5.       Ambil  adonan 8-10 gr, tipiskan. Letakkan sedikit adonan pelapis di atas adonan kulit sampai rata, lalu lipat seperti amplop. Satukan ujung-ujungnya dan rekatkan
6.       Masukkan adonan kedalam minyak rendaman selama 15 menit
7.       Setelah itu ambil adonan lalu pipihkan hingga tipis, isi dengan bahan isian kacang ijo bentuk bulat dan sedikit dipipihkan
8.       Panggang dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 160 DC selama 20 menit hingga matang kecoklatan. Balik bakpia agar warna coklatnya merata di kedua sisi, panggang lagi selama 5 menit

SUMBER RESEP: blog Mbak Hesti [Hesti kitchen]
Modifikasi oleh saya sendiri :P


Happy baking :)
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment