Monday 1 July 2013

Arsik Ikan Mas [Tapanuli]




Petualangan saya minggu ini sampai ke Tapanuli di Sumatra. Lagi-lagi gegara iri sama pak Bondan yang bisa keliling nyicip kuliner ke seluruh pelosok dunia :D Di WisKul minggu sebelumnya, Pak Bondan cerita tentang arsik ikan mas [arsik, kurang lebih artinya asat/dimasak sampai airnya kesat] trus jalan-jalan ke pasar tradisional sambil ngasih liat bumbu-bumbu yang sering dipake di masakan khas Sumatra, antara lain bawang batak/lokio dan andaliman. Tiba-tiba inget, pas sebelumnya belanja di pasar baru [Bekasi] liat ada yang jual 2 bumbu itu. Kayaknya si penjual emang jualan bumbu dan bahan untuk masakan Sumatra, ada andaliman, bawang batak, kecombrang [bunga, biji, dan batangnya dijual terpisah], terung telunjuk, asam gelugur, dan bumbu dasar racikan. Waah..langsung deh, sabtu kmaren belanja ikan mas plus bumbu-bumbunya untuk nyoba bikin arsik ikan mas.



Iseng beli bumbu racikan basah karena nggak sanggup nguleg bumbu, 4ribu dapet seplastik kecil untuk ikan setengah kilo. Kayaknya isinya bawang merah, bawang putih, jahe, laos, kunyit, cabe, dan daun jeruk purut. Pas masaknya, saya tambahi serai, salam, laos, bunga kecombrang, andaliman, air jeruk nipis, garam, dan gula. setelah mateng? Jadinya terlalu asam, kata suami. Hihi.. saya yang pecinta masakan asam aja ngerasa itu keaseman apalagi suami yang nggak doyan asam :D Karena belum pernah makan versi aslinya, jadi nggak tau apakah arsik ikan emang seasam itu. Karena kami orang jawa yang referensi masakan ikannya nggak jauh-jauh dari mangut, ya..arsik ikan mas ini terasa sangat baru. Asam-pedas-dan gurih dengan rempah yang kuat. Sluuuurp..


Oya, karena kmaren saya nggak 100% ngeracik bumbunya sendiri jadi, postingan ini tanpa resep. Untuk yang mau ngintip resepnya, bisa kesini: http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/10768/arsik

Happy cooking :)
Devi - BunKim

2 comments:

  1. arsik ini rasanya enak. Kaya bumbu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget Mbak Myra. rasanya unik :) Thanks udah mampir yaa...

      Delete