Friday 21 June 2013

Kuping Gajah


Ini.....jajanan masa kecil lagi, masuk jenis klethikan manis karena emang tekstur garing kriuk dengan rasa manis-gurih. Masih sering liat ada yang jual di mall, biasanya di tempat snack curah yang dijual per ons gitu. Pengen sih, tapi ga tau kenapa nggak kepikiran untuk beli. Nah pas minggu lalu Kimi ngikut arisan Ayahnya, kenalanlah sama jajanan ini. Kata Ayah Kimi doyan, ya wes langsung googling resep dan janji mau bikinin besoknya.
Namanya lucu ya, kuping gajah. Di daerah saya [dan Indonesia juga mungkin ya] emang banyak nama makanan yang pake nama binatang, sebutlah kuping lawa [kuping kelelawar, jajanan basah mirip nagasari tapi dibuat dari sagu mutiara + kelapa parut], mata kebo [mata kerbau, jajan dari tepung ketan diisi kacang hijau, biasanya berwarna merah terang], ceker pitik [cakar ayam, kue semacam biji ketapang tapi dibuat menyerupai cakar ayam], bahkan ada juga beberapa makanan yang namanya agak-agak “njinjiki” karena pake nama kotoran hewan wakakaka. Bla bla bla kucing dan bla bla bla kambing :D


Kuping gajah ini bukan termasuk jenis jajanan yang banyak dibuat rumahan, padahal bahan dan cara bikinnya lumayan gampang. Kalo lebaran, kuping gajah ini banyak ditemukan di toples tetangga-tetangga saya di Muntilan tapi kayaknya nggak ada yang telaten bikin sediri, lebih suka beli jadi di pasar. Beda dengan rempeyek, angka wolu, kacang bawang, wajik, dll yang biasanya dibikin rumahan.


Oke, langsung aja ke resep ya. Resepnya saya contek dari femina, udah ada beberapa blogger yang nyoba resep ini jadi insyaAllah aman, aplikabel :P Yang agak susah Cuma pas bagian ngiris tipis aja, saya udah coba ngiris setipis mungkin ternyata masih belum bisa setipis kuping gajah yang dijual di pasaran hehe. Udah gitu bentuknya jadi nggak presisi, bulat bukan, lonjong bukan, kotakpun bukan hehe. Untuk mempermudah ngiris, kayaknya adonan harus bener-bener keras jadi kalo udah lembek, dimasukin kulkas lagi sampai keras dan bisa diiris tipis tanpa merusak bentuk aslinya. Kalo rasa, yaaa...udah mirip lah sama yang dijual, kriuknya juga dapet. Tapi punya kami manisnya tipiiis saja. Saya pake 30gr untuk1 resep, resep asli pake 75gr.



RESEP
KUPING GAJAH

Bahan:
300 g tepung terigu, ayak
2 sdm margarin [saya pake butter/mentega]
75 g gula bubuk [saya pake 30gr saja]
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk [saya skip]
1 butir telur ayam
75 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa, masak, dinginkan [saya pake UHT plain]
11/2 sdm cokelat bubuk [saya pake 2sdm]
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1.       Campur terigu, mentega, gula, garam, aduk-aduk hingga tercampur rata.
Tambahkan telur, tuangi santan sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lengket di tangan.
2.     Ambil 1/4 bagian adonan, tambahkan cokelat bubuk, aduk hingga rata. Biarkan sisa adonan berwarna putih.
3.     Giling tipis adonan putih hingga 2 mm. Tipiskan juga adonan cokelat kira-kira hingga selebar adonan putih.
4.     Letakkan lapisan cokelat di atas lapisan putih, gulung sambil padatkan perlahan. Diamkan selama 2 jam dalam lemari pembeku hingga adonan keras.
5.     Keluarkan dari lemari pembeku, potong adonan setebal 1 mm dengan pisau yang tajam. Setelah dipotong, tipiskan kembali adonan. [kalau adonan udah lembek dan susah dipotong, simpan lagi di kulkas sampai mengeras. adonan yang udah dipotong dan digilas sebaiknya tidak ditumpuk karena akan nempeeel...susah dipisahin lagi hehe]
6.     Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan.

Untuk 450 g
Sumber resep: femina 

Happy cooking,
Devi - BunKim :)

No comments:

Post a Comment