Wednesday 15 April 2015

[Review] Menjelajah kekayaan kuliner Nusantara di Foodvaganza





Pernah nggak sih, waktu jalan ke mall sama balita tiba-tiba merengek lapaaar? padahal baruuu aja sampai dan tadi di rumah juga nggak mau ditawari makan. Ya sudah, biar acara belanja ibunya berjalan lancar, harus cari sesuatu yang praktis untuk mengganjal perut. Karena kami sekeluarga pecinta jajan pasar khas Indonesia, jadi di mall pun yang dicari ya jajan pasar. Sebelum memilih gerai makanan, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi: halal, makanan ditaruh di tempat tertutup, banyak pilihan makananya, rasa enak, dan harga terjangkau. Pilihan saya sering jatuh ke Monami bakery karena memenuhi syarat-syarat tadi. Yang paling favorit di Monami? tentu saja semua jenis jajan pasar mulai dari bubur sumsum, dadar gulung isi unti, pastel sayuran, lemper, kue ku, kue lumpur, lapis beras, kue nagasari, kue mutiara, dan semuanyaaaa. Gerai monami juga tersebar di banyak tempat ya, hampir setiap mall di Jabodetabek pasti ada monami, termasuk juga di Lippo Mall Kemang [Kemang Village]. 

Mall yang terletak di Kemang Village, Jl. P. Antasari no. 36, Kemang, Jakarta selatan ini ternyata punya tempat khusus untuk pemburu makanan yang disebut Avenue of The Stars. Area ini menyediakan tempat makan indoor maupun outdoor dengan pilihan makanan dari 23 resto seperti Colonial, TGI Friday’s, Bon Chon, CafĂ© Barbera, Coca Suki, White Elephant, D’Bacio, El Gaucho, Gangnam Style, Killiney Kopitiam, Kopi Kitchen, Market Bar, monViet, Ootoya, Kafe Betawi, The Harvest, Urban Bistro, dan lainnya. Puluhan jenis makanan tersedia disini, ada makanan khas Vietnam, Jepang, Korea, Thailand, Mexico, dan pastinya makanan dari negeri kita tercinta Indonesia.




Saya belum pernah ke Lippo Mall Kemang/ LMK, tapi kayaknya seru juga tempatnya ya... apalagi ternyata bulan Maret – Mei ini LMK lagi ngadain acara bertajuk FOODVAGANZA.  Tau info tentang foodvaganza dari Indonesian Food Blogger yang bekerjasama dengan LMK mengadakan acara Lippo Mall Kemang Foodvaganza review challenge. Di foodvaganza ada banyak acara menarik, antara lain:

  1. Talkshow & Cooking Demo 4-5-11-12 april


Pembicara talkshow-nya Pak Bonda Winarno loo... iyaa, pakar kuliner Indonesia yang terkenal dengan “maknyus”nya itu! Pak Bondan mengulas tentang tempe, tapi sayangnya udah selesai rangkaian acara talkshownya tanggal 12 april kemarin.

  1. Cooking Competition 21 maret dan 18 april


Cooking competition pertama bertema ‘masakan kaki lima khas Indonesia’ dengan juri Pak Bondan. Lalu yang kedua akan diadakan Sabtu besok, tanggal 18 April. Yang mau ikutan masih ada waktu daftar ni, silakan kesini ya:

 
  1. Street Food Ideas Challenge 22 maret, 5-12-19 april


Ini ajang untuk mengeksplore kreativitas di bidang memasak, khususnya masakan kaki lima. Masih ada satu kesempatan challenge lagi tanggal 19 April nanti.

  1. Gallery of Indonesian Traditional Spices 4-19 april
 Sebagai penggemar masakan khas Indonesia, rasanya wajib mengunjungi galeri yang satu ini. Inilah saatnya menjelajah kekayaan kuliner Indonesia, karena masakan yang enak berasal dari bumbu-bumbu khas yang mungkin nggak pernah kita temua di pasar sekitar kita ya, saking banyaknya jenis bumbu disini.

  1. Eating Competition 4 dan 11 april

 Kompetisi makannya juga udah berakhir, tapi masih terrekam serunya acara ini di foto-foto dari twitter LMK :)

  1. Lomba Instagram dengan Tema You & Your Food dan Foodvaganza review challenge 9 maret – 19 April
Ada daily prizes untuk para foodie lover yang mau memamerkan hasil buruan makannya di LMK, silakan upload ke instagram @lippomallkemang dengan #foodvaganza


Para pengunjung foodvaganza juga dimanjakan dengan voucher senilai 150rb yang bisa dibeli seharga 100rb saja.



 Saya bukan tipe petualang dan pemburu resto di mall, karena kebanyakan restoran di mall menawarkan menu western semacam pasta, steak, dan semacamnya. Sementara kami sekeluarga lebih suka masakan Indonesia. Tapi kalo ada acara seru macam foodvaganza yang banyak mengulik hal seputar masakan Indonesia [galeri bumbu khas Indonesia, talk show tempe, jajanan kaki lima, dll] tertarik juga untuk datang dan mencoba satu-dua resto yang ada disana. Kata beberapa reviewer dan blogger, Lippo Mall Kemang ini tempatnya enak untuk duduk-duduk santai ya. Sayang sekali jauh dari Bekasi dan lagian anak semata wayang lagi sakit nggak bisa jalan-jalan 2 mingguan ini >.<

Tapi nggak ada salahnya juga ngumpulin info seputar resto dan tempat makan di LMK, siapa tau nanti weekend bisa mampir kesana untuk liat galeri bumbu khas Indonesia sambil mencicipi beberapa masakan ala resto di LMK. Dari hasil ngumpulin reviewnya, jadi tertarik untuk menyambangi resto-resto ini nanti, masih resto yang menyediakan masakan khas Indonesia pastinya hehe

  1. Ayam taliwang lima rasa
Hmmm...udah ngeces liat pilihan menu restoran ini, yang menyediakan berbagai olahan lauk berbumbu khas taliwang, seperti ikan gurami taliwang, cumi taliwang, iga taliwang, lele goreng taliwang dan pastinya ayam taliwang. Menyediakan porsi sekali makan maupun ayam utuh untuk dimakan bersama teman atau keluarga besar.


 sumber foto: zomato

Ada juga pilihan menu alternatif seperti nasi bogana, jamur enoki goreng, atau sayur pucuk daun labu. Harganya cukup terjangkau untuk keluarga muda macem kami, kisaran 30rb/ porsi atau 65rb untuk 1 ekor ayam utuh.
Resto ini dapet rating 3/5 di zomato

  1. Cafe Betawi
Disini ada banyak banget pilihan makanan khas Indonesia populer seperti sop buntut, gado-gado, rujak juhi, sate, soto betawi, lonting cap gomeh, nasi rawon, sayur asem, dan soto mie. Untuk cemilan ada tape bakar, tempe mendoan, dan kue rangi. Huuuuuu.... menarik sekali untuk pecinta kuliner khas nusantara. Untuk kisaran harga makanan utamanya sekitar 30-85rb/ porsi.


 sumber foto: zomato

Restoran ini dapet rating 3.1/5 di zomato dan banyak rating bagus di openrice.com. Menu yang banyak direview adalah Soto Betawi, sayang saya kurang suka soto berkuah santan... tapi memang penampakannya kelihatan enak dengan kuah santan yang kental, pastinya gurih dan hangat cocok untuk musim hujan. Tempatnya juga Betawii banget, serasa lagi berkunjung ke rumah si Doel :D


Salam,
Devi :)

No comments:

Post a Comment