Monday 6 April 2015

Macaroni Schotel






Gara-gara kemarin nggak kebagian pukis keju, jadi critanya Bunda ngambek dan minta jatah keju yang buanyaaak. Udah bikin pisang goreng keju dan banana cake tabur keju tapi belum juga terpuaskan hasrat kekejuan. Eh tiba-tiba kepikiran schotel, inget dulu ada temen kantor yang sering bawain schotel mie yang enaaaak. Kalo yang mau saya buat ini macaroni schotel. Setelah liat-liat beberapa blog, langsung nemu resep yang sreg... deskripsinya nggak nguati euy... langsung ngeces dengan suksesnya :P



Katanya sih, schotel ini hasilnya creamy, gurih, dan ngeju banget karena di adonannya dicampur keju cincang. Dan lebih spesial lagi karena pake topping saus gurih trus diatasnya baru ditabur keju. Waaah.. cocoklah untuk yang nyidam keju. Jadinya pagi tadi setelah Kimi berangkat sekolah, segera kemluthek di dapur mini untuk rebus makaroni sekaligus bikin bahan pelengkap [daging dkk]. Saya modif sedikit resepnya sesuai stok di dapur, ditambahi wortel dan buncis cincang, dan takarannya ga plek resep karena lagi males cuci alat-alat ukur hehehe




Saya bikin setengah resep, jadinya sekitar  1.5jam udah termasuk waktu panggang. Jadinya 1 pinggan kecil + 3 cup, kayaknya cukup untuk 4-5porsi. Hasilnya memang... seperti yang saya bayangkan: teksturnya ga terlalu padat, aroma butter dan susunya dapet, dan yang paling penting kejunya itu... duh meleleh sana sini [saya cuma pake cheddar jadi lelehannya ga terlalu heboh. Kalo pake mozarella atau quickmelt pastinya akan lebih seru hehe]




Nah kalo ada yang mau ikutan memuaskan hasrat kekejuan seperti saya, sila siapkan parutan keju dan panci untuk rebus macaroni :)

Resep Macaroni Schotel a la dapur elkaje
[sumber: dapur elkaje via sini]

Bahan:
250 gr macaroni, rebus 3/4 matang
200 gr keju, potong dadu ½ X ½  cm
3 buah sosis, belah 2, potong tipis [Saya ganti 1 buah wortel dan segenggam buncis cincang]
100 gr daging giling [Saya ganti dengan daging dada ayam]
400 cc susu cair
5 butir telur
1 butir bawang bombay, potong kecil-kecil
2 sendok makan margarine [saya pake butter]
garam, gula, pala, merica secukupnya
Topping Saus Putih:
1 sdm margarine [saya pake butter]
2 sdm tepung terigu
250 cc susu cair
garam, merica secukupnya
100 gr keju parut untuk taburan

Cara membuat:
1. Tumis bawang bombay dengan margarine sampai bawang layu, masukkan pala, daging giling.
2.  Tumis sampai daging matang.
3. Campur semua bahan schotel termasuk tumisan daging, aduk rata, jangan lupa…cicipi.
4. Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah di oles margarine, kukus 30 menit, sisihkan.

Topping:
1. cairkan margarine, masukkan terigu, aduk2 sampai rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk cepat agar tidak mringkil.
2. Masukkan garam dan merica.

Penyelesaian:
1. Tuang topping ke atas schotel, ratakan, taburi dengan keju parut.
2. Panggang dengan api atas selama 15 menit

Selamat masak dan selamat makaaaan,
Devi – BunKim :)

No comments:

Post a Comment