Monday 25 May 2015

[Lock&Lock "Mrs. Chef"] Tuna Melt Fried Pizza






Pizza...kayaknya inilah satu-satunya makanan non-Indonesia yang cocok di lidah kami, itupun bukan jenis pizza yang oriii bangeeet, maklum saja kami sekeluarga punya lidah made in Jawa yang terbiasa dengan masakan sederhana nan manis dan gurih hehe. Biasanya beberapa bulan sekali kami mampir gerai pizza untuk sekedar mencicipi sepotong dua potong pizza, tapi belakangan saya mulai sering bikin pizza home made dengan topping mirip-mirip dengan pizza di gerai langganan itu: tuna melt pizza. Baru denger namanya aja udah kebayang gurihnya kan? Hehe... gurihnya tuna, bercampur dengan saus mayo dan keju yang melting-melting gosong.



Kali ini saya bikin pizza dengan modifikasi, biasanya pizza dioven..kali ini bikin pizza goreng. Karena ovennya lagi ketumpuk2 barang dagangan jadi nggak bisa dipakai, lagipula masih mau marathon coba pan baru dengan berbagai style lah ya :D Biasanya tuna untuk toppingnya dikukus, kali ini coba mau ditumis dengan sedikiiit saja minyak untuk membuktikan kekuatan non-stick pan saya yang keluaran Lock&Lock ini.... ternyata bener lo nggak ada lengket sedikitpun walaupun Cuma pake sedikiiiiit minyak. Tumisan untuk topping pizza juga matang merata tanpa gosong karena E-Cook deco fry pan memang terbuat dari aluminium berkualitas yang membuat panas tersebar merata di atas pan. 








Warna E-Cook deco fry pan juga cantik dan seger, ada ijo lime, kuning dan merah.... dapur jadi cantik dan makin semangat masak. Pegangannya juga mantap, nggak terlalu berat jadi nggak bikin capek kalo harus diangkat agak lama. Lalu karena lapisan anti lengketnya manjur, jadi nggak ada lagi cerita makanan lengket di panci dan harus digosok-gosok, kita tinggal lap pake tisu makan atau dicuci sebentar di bawah kran air... pan pun bisa digunakan lagi.



Tapi e tapi..katanya coating pan itu bisa bahaya kalo udah ada goresan kan ya? Apa E-Cook deco fry pan  ini aman? Ternyata cookware keluaran Lock&Lock aman karena menggunakan teknologi Hard Anodized  yang merupakan bahan pelapis alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Lapisan Hard-Anodized ini akan menjadikan coating lebih tahan goresan dalam waktu yang lama. Apabila terjadi scratch/ goresan pada coatingnya pun, pan akan tetap aman digunakan untuk memasak karena makanan tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium, melainkan ke lapisan Hard-Anodized. Makanan yang bersentuhan langsung dengan alumunium akan berbahaya bagi tubuh karena alumunium dapat melepaskan materi "racun" ke dalam masakan. Hal itu dapat menyebabkan beberapa penyakit dan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan kanker karena penumpukan material hasil pelepasan tersebut.

Nah kalo udah yakin pan yang kita gunakan ini aman dan keren, yuk sekarang kita cek resep pizza gorengnya ya:

Tuna melt fried pizza

Filling:
200 gr tuna fillet, potong kecil ukuran 2x2cm
4 sdm mayonaise
4 sdm saus tomat
Paprika merah/kuning/hijau secukupnya, cincang
Bawang bombay secukupnya, iris tipis melintang
Jagung manis secukupnya, dipipil
Brokoli secukupnya, potong kecil sesuai rumpunnya
Gula dan garam secukupnya
Keju mozarela atau keju cheddar quick melt juga bisa


Pizza crust/ kulit [resep 5 minutes knead bread dari Mbak Jeany Megasari di Grup NCC]
225 ml susu hangat
55 gr gula pasir
2 sdt ragi instant
1 butir telur
50 gram butter/ margarin,cairkan
1/2 sdt garam
250 gram tepung trigu protein tinggi 
185 gram terigu serbaguna


Cara membuat:
1.         Filling: tumis ikan tuna dengan sedikit minyak sayur sampai empuk, aduk sambil ditekan-tekan sampai dagingnya hancur. Masukkan semua bahan sayuran, masak sebentar sampai setengah matang.



2.         Kulit: 



a.       Siapkan 2 baskom, olesi salah satu dengan minyak/ margarin
b.      Hangatkan susu hingga suam kuku. Di baskom bersih tuang susu hangat, masukan gula, aduk, tambahkan ragi. Tutup serbet, diamkan 5 menit.
c.       Campur terigu dengan garam, sisihkan.
d.      Masukan telur dan butter ke larutan ragi, aduk rata
e.       Tuang terigu secara bertahap, aduk dengan sendok kayu hingga tidak lengket di sisi baskom.
f.        Uleni dengan tangan adonan di baskom selama 5 menit hingga kalis (tidak perlu sampai elastis).
g.       Bulatkan adonan, letak kan di baskom yang sudah diolesi minyak. Tunggu sampa mengembang 2x lipat, sekitar 30 menit.
h.      Tinju adonan yang sudah mengembang untuk mengeluarkan gasnya, adonan kulit pizza siap digunakan.

3.         Penyelesaian



a.       Bagi adonan kulit pizza menjadi 2, pipihkan kulit pizza dengan rolling pin sampai ketebalan sekitar 1cm, sisihkan satu untuk bagian atas/ tutup pizza. Untuk bagian alas pizza, buat tanda bulat dengan bantuan mulut gelas lalu isi bagian tengah bulatan tersebut dengan 1sdm bahan filling, tambahkan mayonais, saus tomat, dan keju mozarella secukupnya. Tutup dengan bagian atas pizza, padatkan pinggirannya, lalu cetak dengan bantuan mulut gelas. Lakukan sampai adonan habis.
b.      Diamkan sebentar  lalu goreng dengan minyak panas.
c.       Pizza goreng siap disantap dengan tambahan saus pedas




Selamat memasak :)
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment