Monday 25 May 2015

[LOCK&LOCK “Mrs. Chef”] Pancake Kobana





Pancake, siapa yang nggak suka cemilan yang satu ini ya. Udah cara buatnya gampang, bahan dan alat yang diperlukan juga minimalis, dan bisa dikreasikan sesuka hati. Kalo saya, suka pancake yang nggak terlalu manis [atau bahkan tanpa gula], tinggal nanti toppingnya ditambahi sesuatu yang manis kalo lagi pengen manis.



Resep pancake ini bau harumnya..... hmmmm... mengingatkan saya pada onbitjkoek, cake jadul warisan jaman Belanda yang menguarkan semerbak harum kayu manis ketika dipanggang. Belum lagi aroma khas pisang, paduan yang sempurna nampaknya ya. Daan...warnanya kuning cantik karena pake tambahan kabocha/ labu di adonannya.



Karena saya baru punya pan baru yang kereeenn jadi semangat banget deh mau bikin pancake kali ini. Pan baru saya ini keluaran Lock&Lock, produsen yang sebelumnya terkenal dengan produk-produk plastik yang aman dan berkualitas itu. Jadi untuk kualitasnya, insyaAllah nggak diragukan lagi. Bikin pancake baiknya pake pan non-stick/ anti lengket biar permukaan pancakenya tetep cantik, naaaah..  E-Cook deco fry pan ini bagus banget lapisan anti lengketnya. Permukaan dalam pan juga gampang sekali dibersihkan, cukup lap pake tisu makan atau dibilas dengan sedikit air.... cling..siap digunakan lagi untuk masak-masakan sehat lainnya. Selain itu, E-Cook deco fry pan dibuat dengan aluminium kualitas tinggi jadi ketika memasak, panasnya merata dan ga bikin gosong masakan..istilahnya tahan panas gitu. Pan ini juga relatif ringan dan gagangnya juga nyaman waktu dipegang. 



Salah satu kelebihan E-Cook deco fry pan ini adalah warna-warninya yang cantik, saya punya yang kuning diameter 26cm dan ini jadi wajan andalan sekarang. Selain itu, karena ibu-ibu sekarang udah makin aware dengan alat masak yang aman, maka Lock&Lock menjawab kebutuhan para ibu dengan mengeluarkan produk yang aman terutama dengan adanya teknologi hard-anodized.



Teknologi hard anodized  adalah teknologi yang digunakan Lock&lock dalam membuat produk cookware-nya. hard-anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Lapisan hard-anodized ini akan menjadikan coating lebih tahan goresan dalam waktu yang lama. Apabila terjadi scratch/goresan pada coatingnya pun, pan akan tetap aman digunakan untuk memasak karena makanan tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium, melainkan ke lapisan hard-anodized. Makanan yang bersentuhan langsung dengan alumunium akan berbahaya bagi tubuh karena alumunium dapat melepaskan materi "racun" ke dalam masakan. Hal itu dapat menyebabkan beberapa penyakit dan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan kanker karena penumpukan material hasil pelepasan tersebut.


Untuk resep, saya nyontek dari Blog Ummu Fatima lalu dimodif sbb: hilangkan gula pasir, tambahi pisang untuk pemanis alami, tambah ragi roti untuk pengembang, dan tambahkan sedikit kayu manis bubuk untuk menambah aroma. Sedikit tips, sebaiknya untuk pancake dan cake-cake lainnya kita pilih pisang yang benar-benar masak, sudah berbintik hitam, karena selain manisnya maksimal, aroma maksimal, konon katanya juga gizinya maksimal..bahkan mengandung zat anti kanker juga.  Kesukaan saya adalah pisang ambon atau canvendish kalo pas nggak punya ambon. Jadi kalo kebetulan di rumah ada sisa-sisa pisang yang ga termakan, sudah terlalu lembek untuk dikunyah langsung, mari kita segera ke dapur dan menyiapkan adonan untuk membuat pancake kabocha & banana ini :)


Pancake Kobana [Kabocha & Banana]

Bahan-bahan :
125 gr kabocha, kupas kulitnya lalu kukus
150 gr pisang matang, haluskan dengan garpu
200 ml santan encer
200 gr tepung terigu
2 butir telur 
3 sdm gula pasir
½ sdt fermipan
½ sdt kayumanis bubuk
sedikit garam

Topping:
Madu
Potongan buah segar [saya pakai pisang dan strawberry]
Gula bubuk
Meises

Cara Membuat :
  1.  Blender kabocha dan pisang bersama santan, sisihkan.
  2. Kocok lepas telur di wadah, tambahkan gula pasir, fermipan, dan kayu manis bubuk. Aduk rata. Tambahkan garam dan campuran labu+pisang+santan, aduk rata.
  3. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, aduk rata dengan spatula sampai tidak ada gumpalan tepung.
  4. Panaskan Lock&Lock  E-Cook Deco Fry Pan, tuang satu sendok sayur adonan, panggang dengan api kecil. Tunggu sampai bagian tepinya mengeras dan berwarna keemasan, balik dan pangang sisi sebaliknya sampai keemasan. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Sajikan dengan potongan pisang  dan strawberry, madu, gula bubuk, atau topping lainnya sesuka hati

Note: 
- Resep ini menghasilkan pancake yang gurih [nggak manis karena cuma pake sedikit gula pasir] kalo suka pancake manis bisa pake 75gr gula pasir dalam 1 resep.
- Santan dalam resep bisa diganti dengan susu UHT plain atau air putih biasa

Happy cooking :)
Devi - BunKim

*** Tulisan ini diikut sertakan dalam kompetisi LOCK&LOCK “Mrs. Chef” yang dilaksanakan oleh LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF [Homemade Healthy Baby Food]

No comments:

Post a Comment