Tuesday 12 May 2015

Kupat Tahu Magelang





Walopun orang Magelang tulen dan belasan tahun hidup di Magelang tapi... saya nggak tau banyak tentang jajanan khas Magelang, karena memang masa kecil dan remaja nggak pernah jajan di luar. Satu-satunya cita rasa masakan khas Magelang yang saya tau ya cuma masakan Ibu dan nenek-nenek. Makanya agak shock setelah merantau di Ibu Kota dan berkenalan dengan beberapa orang yang menjuluki Magelang sebagai surga kuliner karena banyaknya makanan enak disana. Waaah... maafkan saya yang kuper ini :D Mungkin nanti kalo ada waktu klayapan ke Magelang, saya akan lebih banyak jajan biar sedikit tau tentang jajanan Magelang, seperti si kupat tahu magelang ini misalnya.



Kupat tahu magelang, secara penampakan dan rasa mirip sama ketoprak jakarta atau tahu telur jawa timur, bedanya Cuma kupat tahu magelang berkuah gula jawa yang encer dan segar. Rasa dominan manis dengan sedikit sapuan pedas dan gurih kemlethis dari ulekan kasar kacang tanah. Rasa bawang putih mentah juga cukup dominan karena memang setiap porsi akan dibuatkan bumbu segar yang diulek langsung diatas piring saji, terdiri dari bawang putih, cabe rawit, dan kacang tanah goreng. Semuanya diuleg kasar saja. Lalu diatasnya ditata potongan kupat [ketupat], tahu putih goreng, tauge dan kol, irisan seledri, bawang goreng, dan nggak lupa kerupuk bawang ya. setelah itulah baru disiram kuah gula jawanya.



Kupat ini adalah bagian tersulit dari membuat kupat tahu magelang, karena prosesnya harus cari janur-bikin kulit kupat-masak kupat selama berjam-jam biar tanek [awet, gurih, dan kerasnya pas]. Jadi kita skip aja langkah ini, beli kupat jadi di pasar 10rb dapet 5 biji. Jadi di rumah tinggal nyeduh tauge dan kol, sambil goreng kacang tanah, tahu, dan kerupuk. Nggak sampe ½ jam, jadilah 2 porsi kupat tahu magelang dirumah mungil kami. Kata suami: rasanya udah kayak kupat tahu magelang asli yang dibuat orang magelang lho, Bun. *Yaaa iyalah, pak suami, istrimu ini memang orang magelang tulen* >.<






Dan inilah resep kupat tahu magelang a la kira-kira saya :D

Bahan:
4 buah ketupat
5 tahu putih ukuran kecil atau 1 tahu besar, goreng sampai kecoklatan
Tauge secukupnya, seduh
Kol  secukupnya, iris kasar, seduh
Daun seledri, cincang

Pelengkap:
Bawang goreng
Kerupuk bawang

Kuah gula:
500ml air
60gr gula jawa
3 sdm kecap
3 lbr daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
Garam secukupnya

Bumbu [tiap 1 porsi]:
Cabe rawit [saya cukup 1 yang kecil hehe]
2 sdm Kacang tanah goreng
½ siung Bawang putih

Cara membuat:
  1. Kuah gula jawa: rebus semua bahan sampai mendidih, sisihkan
  2. Siapkan semua bahan yang sudah matang, lalu racik bumbu [cabe rawit, kacang goreng, bawang putih] diatas piring saji. Pilih piring yang cukup tebal agar kuat untuk ngulek bumbu
  3. Tata irisan ketupat dan tahu goreng diatas ulekan bumbu. Tambahkan tauge dan kol. Tambahkan irisan seledri. Tuangi kuah gula jawa.
  4. Tambahkan bawang goreng dan kerupuk, kupat tahu siap disajikan.

Selamat makaaaaan :)

2 comments:

  1. ketahuan, jarang keluar rumah masa sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... yu no me so wel, Bet :D maklum pengiritan jaman semono

      Delete