Monday 2 March 2015

Sponge Cake Coklat





Sesimple apapun hasilnya, memang baking dan motret itu memberikan efek kepuasan yang emeziiiing. Seperti pagi tadi, Kimi udah berangkat sekolah.. biasanya saya langsung ngebut rekap order + motong kain, tapi karena masih libur jualan jadi jam 8 pagi bisa kemluthek di dapur. Jadi ceritanya semalem tetangga ngasih sepotong sponge cake coklat  yang -menurut saya dan suami- wenaaak banget, makanya pagi-pagi udah semangat mau bikin sponge cake karena yang semalem kurang wkwkwk. Kali ini saya pake resep sponge cake 8 telur NCC yang udah terbukti kehebatannya dan digandrungi  foodblogger diseantero Indonesia :D  Seperti biasa, emulsifier saya skip.. bahan lainnya sama persis seperti resep. Tapi karena udah lama banget ga pegang mixer, agak gagap waktu ngocok telur. 8 telur ternyata ga muat di mangkok kaca 1.5liter, alhasil sebagian telur harus “diungsikan” dulu ke mangkok lain biar ga banjir dapur mini saya :P Tapi justru disitulah hikmahnya, karena peristiwa mengungsikan sebagian telur kocok itu.. jadi adonan terbagi dua dan yang jadi bagus justru yang adonan kedua [walo permukannya ga semulus adonan pertama]. 



Adonan pertama saya hentikan kocoknya setelah saya rasa cukup kental dan putih, udah berjejak, tapi masih agak ‘netes’, lalu saya panggang selama 45 menit sesuai resep. Setelah mateng, ternyata hasilnya ga terlalu spongy [tekstur seperti cake/ bolu pada umumnya] dan agak seret huaaaaaa. Trus langsung googling tentang sponge cake yang ga seret, ada beberapa catetan yang saya dapet: selain resep yang udah teruji, juga harus perhatikan cairan pas + panas oven pas [kalau + kocokan telur harus sampai kental tal tal tal + teknik aduk yang bagus. Kurang cairan [mentega/ butter] bisa membuat sponge cake kering dan seret. Begitu juga kalau oven kurang panas/ cakenya kelamaan dipanggang juga bisa bikin sponge cake seret. Sementara kocokan yang pas dan teknik aduk balik membantu adonan ngembang bagus dan ga bantat walaupun tanpa emulsifier. Waktu ngaduk, pastikan butter lelehnya tercampur rata, jangan ada yang mengendap di bawah karena bisa bikin bantat.



Saya coba praktekkan untuk adonan kedua, alhamdulillah adonan kedua jadi lebih spongy, ga seret, dan ngembang bagus. Karena loyang tulbannya supermini, saya cuma panggang 25 menit aja dengan suhu 180dc.



Resep SPONGE CAKE COKLAT
by Fatmah Bahalwan, via blog  mbak Ricke 

Bahan:
8 bt telur (ukuran sedang)
60 gr coklat bubuk
40 gr maizena
100 gr terigu protein rendah/sedang
1 sdm emulsifier – Saya Skip
100 gr mentega, lelehkan
200 gr gula pasir
1/4 sdt vanili – Saya Skip


Cara membuat:
1.       Panaskan oven 180dc
2.       Campur terigu, coklat bubuk, dan maizena, aduk rata, sisihkan.
3.       Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental.
4.       Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata. Masukkan mentega leleh, aduk rata.
5.       Tuang dalam loyang. Oven dengan suhu 180dc hingga matang.

Happy baking :)
Devi BunKim

1 comment: