Wednesday 4 March 2015

Oseng Cumi Asin





Siapa suka cumiiiii? Sayaaaaaa! Hehe.. saya penyuka segala jenis ikan asin, semacam pindang, peda, teri, dan tentu saja cumi juga. Dulu saya dan suami suka beli pepes peda a la Betawi yang huhah tapi belakangan kami memutuskan untuk ga beli pepes peda di tempat itu lagi karena suatu alasan, padahal kalau bikin sendiri ga bisa sama persis rasanya dengan yang beli itu. Ya udah.. untuk obat kangen.. oseng-oseng pun cukuplah mengganti posisi pepes peda terenak itu. Pokoknya kalo lagi males makan, tinggal bikin oseng ikan asin sebentar.. langsung deh porsi makan jadi berlipat 2x. Dan salah satu masakan ikan asin andalan adalah oseng cumi, bumbunya Cuma duo bawang, jahe, cabe, dan tomat. Cuminya bisa diganti sesuai stok yang ada di rumah.. apapun tetep enak rasanya. 






Kayaknya tanpa reseppun udah tau semua ya cara masaknya, tapi karena saya lagi rain ngetik.. saya tulis juga nih resep lengkapnya :D



Oseng Cumi Asin

Bahan:
Cumi asin 200gr
Bawang merah dan bawang putih 3 siung
Cabe rawit/ cabe merah sesuai selera
Jahe dirajang tipis/ geprek
Gula garam secukupnya
Tomat 2 butir
Minyak untuk menumis
Pelengkap: daun bawang diiris tebal

Cara masak:
  1. Panaskan minyak, goreng cumi asin sampai berwarna keemasan, sisihkan
  2. Tumis duo bawang, cabe, dan jahe sampai berbau harum
  3. Masukkan cumi dan tomat, gula dan garam. masak sampai tomat layu
  4. Masukkan daun bawang, matikan api, sajikan oseng cumi asin

Selamat makaaaan :)
Devi - BunKim

Note: Saya lagi semangat banget belajar foto lagi minggu ini, finally nemu tempat baru untuk motret yaitu diatas kulkas yang deket jendela, jadi jangan bosen ya kalo liat foto-foto saya berbackground jendela sebulan ke depan hehe. Tinggal kasih alas dan.. jadilah back ground gorden yang terang, seperti foto-foto di foodie blogger profesional ituuuh hihi. walaupun hasil foto saya masih jauuuuuh banget dari hasil para pro, tapi seneng aja liat hasil foto bernuansa light. Sekarang penasaran gimana biar hasil fotonya bisa lebih bening, udah nguprek pinterest cari tau tentang setting dan jadi semangat mau borong alat-alat untuk studio mini dan sedikit tambahan props minggu depan hahaha... tetep ya, belanja lagi belanja lagi. Saya sering rasan-rasan sama suami " Kalo hasil foto banyak noise dan ga bisa bening, mungkin itu pertanda perlu upgrade kamera ya Yah?" dan suami saya selalu bilang: "Ibun itu belajar dulu memaksinalkan semua feature kamera yang ada, semua dicoba digunakan. coba nanti ngatur iso aja lupa lagi caranya." Halaaaah... baiklah, suamiku, istrimu ini akan belajar lagi -_-

No comments:

Post a Comment