Monday 3 December 2012

Ricotta cheese cookies


 Jadi ceritanya saya ngidam bikin cheese cake. Padahal alat dan bahannya sama sekali ga punya. Nomer satu: loyang bongkar pasang. Ini udah nyari ke giant dan sebangsanya nggak ada, di pasar nggak ada, dan terakhir kali ke ace.. nemu yang ukuran kecil [sekitar diameter 12cm, cocooooook banget buat saya yang biasa bikin cake ukuran kurcaci], udah dikekepin itu spring pan, tapi pas nanya harganya ke mas penjaga, saya keselek dan langsung ngembaliin si mungil itu ke rak-nya. 98rb!! Trus lihat di titanbaking.com nemu spring pan yang sama persis kayak di ace itu, sayangnya Cuma ada ukuran gede 16cm ke atas harganya Cuma 36rb. Okelah.. nanti akan saya beli kalo suami udah gajian
Nomer 2, bahan-bahan bikin cheese cake juga ga nemu. Saya belum pernah nemu toko bahan kue di sekitar sini, jadi biasanya belanja bahan-bahan standar per-bakingan ya Cuma di giant/ carrefour. Sebatas keju, butter, coklat chips, almond slice gitu sih selalu ada. Tapi ternyata disana nggak ada cream cheese dan sour cream. Duuuuh... karena nggak tahan banget pengen bikin, akhirnya saya beli aja ricotta cheese yummy, di labelnya tertulis bisa buat bikin cheese cake. Tapi kadaluarsanya udah tinggal 2 minggu lagi >,<
Dan 2 minggu berlalu tanpa perubahan berarti, saya masih belum dapet spring pan dan bahan-bahan lain. Akhirnya kepepet tinggal H-2 sebelum kadaluarsanya si ricotta cheese, saya bikin cheese browniess yang pake tabahan cream cheese di resepnya. Jadinya agak bantet tapi tampilannya sama sekali nggak cantik :( keju ricotta-nya ternyata lembek dan memprul [eh..apa bahasanya ya] banget.. jadinya lapisan di bagian atas brownies terlalu cair.


Tapi masih ada sisa sekitar 150gr ricotta cheese, sayang kalo kebuang. Saya kepikiran bikin cookies biar bisa tahan lama, secara lagi nggak begitu nafsu makan cookies. Setelah googling, nemu beberapa versi resep dan saya ngiler sekali liat foto cookies disini tapi nggak mudeng baca resepnya hihihi. Akhirnya di combine, saya pake resep dari situ dengan sentuhan *ehm ehm* dari web yang pertama tadi, plus ditambahi bubuk kayu manis – karena saya lagi kecanduan bau kayu manis dan bubuk pala :P. Oya, seperti biasanya semua makanan bikinan saya [diusahakan selalu] less sugar dan nggak pake baking powder dkk. Hasilnya... soft cookies yang hmmm..lumayan enyak. Tapi kayaknya resep aslinya pasti 3x lebih enak dari bikinan saya deh :( liat aja fotonya gendut-gendut begitu...



Ricotta cheese cookies [soft cookies]
Bahan:
  • 115 gr mentega
  • 50 gr gula pasir
  • 150 g keju Ricotta
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1/4 sdt garam
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 50 gr kismis, belah 2
Cara Membuat Resep Ricotta Cheese Cookies :
  1. Panaskan oven hingga suhu 160 derajat Celcius. Olesi loyang datar denan sedikit minyak goreng. Sisihkan.
  2. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut. Tambahkan telur, kocok sampai rata. Masukkan keju, garam, dan tepung terigu. Aduk rata. Sendok adonan dan tata di loyang. Oven selama 15-20 menit sampai berwarna keemasan.

Happy cooking :*
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment