Monday 3 December 2012

Banana cake [loaf pan version]







Sebelumnya pernah bikin resep yang ini pake cup ala cupcake, hasilnya nggak terlalu spongy. Mungkin karena pake tepung beras ya atau ngocoknya kurang pas.. nggak tau juga. Dan sekarang ini bikin lagi pake tepung terigu karena tepung berasnya abis. Jadinya lebih enyak ternyata :D Ini adalah salah satu cake yang berhasil jadi dan ngembang bagus walau tanpa baking soda, baking powder, emulsifier dan semacamnya. Yipppiiie.... emang bener kaya Pak Wied harry, bikin kue bisa tetep ngembang tanpa zat additive asalkan tau teknik mengocok dan pakai bahan segar. Nah di “kasus saya” karena saya baru mulai belajar teknik mengocok jadi maklum aja kalo sesekali berhasil dan banyak kali bantat :D Tapi beneran selama ini saya jarang nyesel walo kue bantat, karena namanya proses ya..perlu juga melakukan kesalahan biar selalu inget terus. Kalo saya, yang selalu inget terus adalah kejadian pas bikin onbitjkoek [3 kali bikin dan selalu bantat, ternyata salah saya adalah tepungnya dicampur pake mixer padahal harusnya diaduk pelan pake spatula biar udara yang ada di adonan nggak ilang dan adonan tetep ngembang] dan kejadian pas bikin chiffon cake [ngocok putih telur, mixer dan mangkoknya harus bener-bener bersih. Putih telurnya juga jangan kecampur kuning telur. Pertama kali bikin chiffon cake, saya ngocok putih telur pake mixer yang belepotan margarin. Walhasil? Nggak ngembang dooooooooong. Saya gitu loooh]. Nggak papa, namanya juga belajar. Dudul membawa nikmat :P


Dan nggak tau kenapa ya saya hobi banget ngobrak-abrik resep, udah pernah bikin sebelumnya tapi tetep aja ganti ini itu sekarang. Yang saya posting ini resep yang udah di obrak-abrik ya.. resep lamanya ada di blog multiply
Karena sejak pagi saya pengen coklat yang melting sementara stok choco chip abis sama sekali, saya tambahi coklat stik yang udah setengah taun ngumpet di kulkas. Ditaroh di tengah adonan cake,  jadilah seperti bayangan saya. Pas baru keluar dari oven, didinginin sebentar, lalu diiris... coklatnya meleleh dari rongga cake yang haruuuum bau pisang dan kayu manis. Gleek.. cake yang mestinya mau buat cemilan malam suami malah habis sama saya, hampir setengah loyang sendiri :D


 [RESEP: BANANA CAKE]

Bahan cake:
160 gr pisang ambon [3 buah], makin matang makin baik. Yang udah coklat-coklat kulitnya
60 ml minyak sayur
120 gr tepung terigu
3 btr telur ayam
50 gr gula palem
1sdt kayumanis bubuk
1/4 sdt garam
Coklat stik [optional]

Cara membuat:
- Ayak bersama tepung terigu dan garam. Sisihkan.
- Haluskan pisang pake garpu. Sisihkan.
- Panaskan oven pada suhu 180 dercel
- siapkan loaf pan, olesi tipis minyak
- Kocok telur dan gula palem dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan kental.
- Turunkan kecepatan menjadi kecepatan paling rendah. Masukkan pisang. Aduk dengan spatula hingga merata. Masukkan campuran tepung bergantian dengan minyak. Sambil diaduk hingga merata.
- Tuang adonan kedalam loyang. Panggang dgn suhu 160 dercel selama 30-40 menit, atau tergantung oven masing-masing.
- Keluarkan loyang dari oven.
- Tunggu hingga agak dingin agar cake sudah bisa dilepas dari loyang.

Happy cooking :*
Devi-BunKim

3 comments:

  1. Salut mbak yu bisa men'skip' bahan bahan additifnya. Aku...walaupun mengurangi kadang kadang masih pake juga...kalau ngiler kue dan kebetulan ada bahan 'itu'nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah senangnya Mbak Hesti mampir blog saya. Saya banyak nyontek resep dari blog Mbak Hesti ni :)
      Iya Mbak, masakanku dimakan balita soalnya. Ya kadang nekat juga skip bahan2 itu, kadang juga bantat :D tapi kalo model cake yang telur dikocok dulu, biasanya sih pasti jadi walo tanpa pengembang. saya belajar dari buku2 pak Wied Harry untuk teknik2 masak tanpa pengembang Mbak :)

      Delete