Tuesday 18 December 2012

My first JCC






 Setelah pengen selama beberapa minggu akhirnya membulatkan tekad untuk mengeksekusi si cream cheese. Setelah wara wiri di beberapa resep cheese cake, akhirnya saya pilih japanese cheese cake karena kata yang udah pada nyoba cake yang ini nggak terlalu ngeju [pake sedikit cream cheese. Kan sayang kalo udah pake cream cheese banyak-banyak ternyata gagal :P], teksturnya lebih kokoh dan yang paling penting bisa dibikin tanpa springform alias loyang bongkar pasang [udah muter-muter nyari sampe restomart di ujung jakarta pun ga nemu yang kecil yang murce]. Apalagi ada blog yg ngasih testimony ini lebih enak dari JCC-nya toko tuan miki.. wkwkwk. Nggak berharap terlalu muluk bisa seindah JCC komersil lah. Asal nggak keriput aja udah cukup untuk saya yg sangat amat newbie ini


Sambil nyiapin makan siang bocil, nungguin mesin cuci, dan ngerekap orderan buyer..selesai juga cheesecake pertama saya jam 1 siang tadi. Waktu bikinnya sekitar 1 jam karena disambi ini itu, kayaknya bisa lebih cepet lagi ya kalo bikinnya serius :) Dan karena alasan hemat alias irit, saya bikin setengah resep dulu. Jaga-jaga kalo gagal seperti bikin cake labu minggu lalu hehe




Sumber Resep: sini
  
Japanese cheese cake 

Bahan:
50 gr tepung terigu, ayak
50 gr tepung maizena, ayak
60 gr unsalted butter
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whipped cream [nggak punya, saya pake yoghurt cream]
3 kuning telur
1 butir telur
5 putih telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut [saya skip, nggak punya juga]
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus [saya pake 30gr untuk setengah resep, ternyata kurang manis dikiiit]
1 sdt air jeruk lemon [saya pake air jeruk nipis]


Topping [saya ga pake]
2 sdm selai apricot
2 sdm air

Cara membuat:
1.      Siapkan loyang, olesi dengan mentega. [saya pake mangkok oval tahan panas]
2.      Campur mentega, cream cheese dan whipcream dalam panci. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api. Lalu masukkan campuran tepung, aduk rata. Kemudian masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
3.      Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak). Lalu tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata.
4.      Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 60 menit dengan suhu 150C sampai permukaan matang berwarna kuning keemasan.
5.      Keluarkan dari oven. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang.Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake atau hias sesuai selera

    Happy cooking ;)
    Devi - BunKim


 

No comments:

Post a Comment