Wednesday 13 March 2013

Cheese cake






Nggak inget lagi..entah udah berapa bulan ngidam cheesecake, dulu pernah beli cream cheese nya 1kg pas sebelum lebaran. Nggak taunya masa kadaluarsanya cepet banget, Cuma sempet bikin japanese cheese cake yang –walopun enak- tapi rasanya beda sama cheese cake yang saya pengen, karena JCC resep itu emang pake banyak tepung jadi jauh lebih kokoh dari cheese cake pada umumnya. Lagipula waktu itu belum punya loyang bongpas jadi emang paling aman bikin JCC :D

Trus karena ngidamnya berlanjut, pesen lagilah cream cheese ke titan lagi. Kali ini pake kurir sehari sampe yang ongkirnya muahaaal xixi nggak papa lah demi si cheese cake idaman hati. Setelah bahan-bahan lengkap, ternyata masih perlu seminggu lagi untuk mengumpulkan semangat baking. Baru kemarin jadi bikin, karena berbagai macam alasan akhirnya nyari resep mini cheese cake blueberry. Sempet patah hati karena bluberry kalengan yang mestinya mau dibuat topping ternyata udah nggak layak makan, wajar sih emang udah dibuka sebulan lalu >,< Dan waktu eksekusi, nggak jadi bikin mini cheese cake.. pake cetakan bongpas seadanya, cetakan pie diameter 16cm hehe


Waktu lihat resepnya disini, waaaah gampang banget ini mah pikir saya :D Udah gitu banyak banget testimony para pencoba dan semuanya bilang enyaaaaak + mouthwatering. Wow. Akhirnya dibikinlah dengan mengganti beberapa bahan sesuai stok di kulkas. Tapi pas adonanya udah jadi mulai was-was, takut kena karma karena ngegampangin resepnya, kok adonannya enceeeer banget ya. Dan setelah adonan masuk oven, ditunggu 20 menit sesuai resep kok masih encer banget. Akhirnya ditambah manggang sampai 40 menit sambil bolak-balik di cek. Ternyata masih encer dan warnanya juga nggak berubah tetep putih bersih. Hiks. Kayaknya selama ini liat cheese cake bagian atasnya agak coklat. Akhirnya nge-yutub dan makin galau karena yang di yutub itu warnanya agak kecoklatan pas mateng, teksturnya emang sama...lembek. harap-harap cemas, dimasukin kulkas biar keras. Dan baru siang tadi berani nengokin. Taraaaa...cheese cake-nya udah jadi sama seperti yang diliat di foto-foto. Legaaa...



Untuk bahannya, di resep pake thickened cream, saya pake sour cream dengan takaran yang sama. Biskuitnya –karena di rumah nggak pernah nyetok makanan kalengan/plastikan- saya ganti pake cookies buatan sendiri tinggal diilangin kacang dan kismisnya. Trus untuk cetakannya kreatif banget si Mbak dari Australia ini, pake cup muffin. saya awalnya juga mau niru-niru kreatif tapi nggak nemu cup yang ukurannya pas akhirnya pake cetakan pie yang kebetulan bongkar pasang. Pas banget 1 resep jadi 1 loyang
Untuk topping, blueberry kalengan diganti selai strawberi homemade. Resepnya ada disini. Hmm..rasa, warna, dan teksturnya sama bagus dengan selai strawberry kemasan yang sebelumnya udah saya beli untuk cadangan juga :)

Kayaknya bakal sering-sering bikin cheese cake ini, setengah hari saya udah habis separo sendirian. Pas banget rasanya di lidah saya yang –selama ini- ndeso. Perut sampe menggembung dan pas iseng ngeluarin timbangan..naik 2 Kg! Haha bukan karena beberapa potong cheese cake tentu saja. Saya Cuma perlu lebih sering olah raga. Ehm...makan lagi yuuuuuk ;)



Mini baked cheese cake

Bahan:
Lapisan bawah
150 gr biskuit manis [saya pake homemade cookies]
70 gr butter, dilembekkan

Lapisan cheese
250 gr cream cheese suhu ruang
75 gr gula caster [saya pake 40 gr]
1 butir telur ukuran besar [60gr]
20 ml [1 sdm] air perasan jeruk lemon [saya pakai air perasan jeruk nipis]
100 ml [5 sdm] thickened cream [saya pake sour cream]


Cara membuat:
11       Panaskan oven pada suhu 180 dc
22       Atur papercup pada loyang muffin diameter 8cm
33       Hancurkan biskuit dengan blender/ food processor. Campur dengan butter sampai rata, bagi 10
44       Masukkan adonan biskuit ke dasar paper cup, ratakan dan padatkan. Sisihkan
55       Kocok cream cheese dan gula caster sampai creamy dan lembut. Tambahkan telur, adul rata. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan cream sampai rata. Masukkan adonan ke papercup
66       Panggang selama 20 menit [saya 40 menit], keluarkan dari oven dan biarkan di cetakannya selama 30 menit
77       Simpan cheesecake, buka papercupnya sesaat sebelum disajikan
88       Dapat disimpan di kulkas selama 3 hari
 

Note:
 Maaf terjemahan resepnya mungkin kacau balau mengingat bahasa inggris saya yg mengenaskan :D Untuk resep pastinya bisa langsung ke blog aslinya ya hehe. Blog saya ini catetan seorang amatir yang baru coba pertama kali resep-resep yang ditulis, jadi mohon maklum kalo masih gapsep [gagap resep, pen] seperti cerita deg-degan tekstur cheese cake diatas :D

2 comments:

  1. Akuu kl cheese cake malah blm prnh bikin mbaa
    kl JCC seriiing...
    cakeeeepp... :))

    ReplyDelete
  2. yang satu ini lembut + becek, mbak. udah jadi favorit baru saya :)

    ReplyDelete