Thursday 28 March 2013

Singkong Thai





 Lagi-lagi tentang pasar proyek, pasar favorit di bekasi. Minggu ini, saya nemu kubis ungu seharga 8rb saja per buah ukuran sedang [sekitar 1/5 kg] padahal biasanya di supermarket per buah bisa sampe 35rb. Dari dulu Cuma berani pegang-pegang doang hehe. Lain waktu, saya bisa nemu jambu mete, kecombrang, rambutan rafiah, cempedak, nangka, kweni, buntil daun talas, daun ketumbar, umbi bit, ubi ungu, buah bintaro, berbagai macam sawi yang nggak pernah ketemu di tempat lain, dan banyak lagi lainnya dengan harga yang miring bisa separuh harga di supermarket. Kalo untuk bahan-bahan standar mungkin harga disitu agak mahal, tapi emang kualitasnya beda. Nggak ada deh oyong berserabut atau seafood basi.



Trus, dapet apalagi selain kol ungu? Setengah kilo lebih singkong seharga 2rb. Udah 3 minggu lalu pengen bikin singkong thai, tapi Ayahkimi kayaknya lagi suka singkong goreng jadi singkong-singkong yang dibeli 3 minggu ini selalu berakhir di penggorengan. Baru minggu ini kesampean bikin singkong thai. Tentang singkong thai, pertama kali saya tau di dinemax harmony. Seporsi sekitar 10rb berisi 6-8 potong singkong, udah agak lupa...udah beberapa taun yang lalu wkwk. Setelah itu pernah coba bikin beberapa kali dan selalu ingin bikin lagi. Kalo penampilannya sih mirip kayak kolak singkong atau 'cimplung' yaitu singkong yang direbus sama gula jawa sampai empuk puk puk. Kalo kolak singkong dominan rasanya manis, sementara kalo singkong thai singkongnya direbus bersama gula lalu ditambah saus santan gurih-asin. Sensasi manis ketemu gurih-asin inilah yang bikin nyandu, apalagi ditabur wijen sangrai..... sluuuuurp

Setengah kilo singkong mentah bisa jadi sekitar 4 porsi singkong thai, seporsi dibawa bekal Ayahkimi, 1 porsi buat cemilan pagi Kimi, dan 2 porsi untuk sarapan dan makan siang saya :D Oya, seperti biasa karena kami makan sesedikit mungkin gula jadi Cuma pake 3 sdm gula pasir untuk 1/2kg singkong. Resep-resep lain kebanyakan pake 200gr gula untuk 1kg singkong.



Resep
Singkong Thai

Bahan:
½ kg singkong, kupas
3 sdm gula pasir [bisa ditambah kalo kurang manis]
Sejumput garam
2 lbr daun pandan, simpulkan
1 lbr daun jeruk purut, buang tulangnya
Air secukupnya

Saus santan:
300 ml santan dari 1 butir kelapa atau santan instan
½ sdt garam
1 lbr daun pandan, simpulkan
2 sdm maizena + 3 sdm air dingin, campur rata keduanya

Taburan: wijen, sangrai

Cara membuat:
1.       Rebus singkong bersama daun pandan dan daun jeruk, tunggu sampai singkong matang 
2.       Tambahkan gula dan garam, rebus sampai air menyusut dan manis meresap. Matikan api 
3.       Bahan saus: rebus santan bersama garam dan daun pandan sampai mendidih 
4.       Tambahkan cairan maizena, aduk sampai mengental. Matikan api 
5.       Tata singkong dan saus di piring saji, taburkan wijen diatasnya. Santaaaaaap

Happy cooking,
Devi-BunKim

4 comments:

  1. Kalo yg ini akuu pernaahh beberapa kali buat mbaa tp blm prnh coba ditaburi si wijen sangrai...
    Cakeeeppp daaaahh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg baru coba kali ini pake wijen, Mbak Titiek, tambah gurih ternyata hehe

      Delete
  2. mba, nanti yg diambil itu santan kentalnya aja atau 300ml itu termasuk airnya?

    kalo pake santan kental instan, pake nya brp ml? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udh dpt 300ml tanpa ditambah air lbh bagus, mbak. kalo santan instan pake kara yang ukuran 65ml itu cukup banget buat 1 resep ini :)

      Delete