Wednesday 13 March 2013

Cookies: Fruit-filled jewel





Resep ketiga dari buku resep Mrs. Fields yang saya coba. Huhuhu udah lama banget ngiler liat fotonya yang kelihatan sangat amat yummi sekali. Kebetulan kemaren baru bikin selaistrawberry, jadi pas lah untuk eksekusi resep ini  sekarang. Bahan-bahan yang dipakai simple, caranya juga simple, dan seperti resep-resep lain dari buku ini, si fruit-filled jewel ini juga pake banyak sekali butter


Pas adonan mentahnya udah siap, agak kaget karena ternyata lembek banget. Lebih lembek dari adonan cookies yang udah saya buat sebelumnya, padahal cookies kali ini mau dibentuk bulat pipih. Wah, jangan-jangan saya salah masukin bahan? Setelah ricek dan merasa bener, Bismillah aja adonanya langsung masuk chiller. 1 jam kemudian, adonanya udah jadi keras banget kayak es batu. Ditunggu beberapa saat trus coba diuleni dan dibentuk. Haish...ternyata disnilah cobaannya. Adonanya kembali jadi sangat lembek dan berminyak, waktu dicetak bulat jadinya ting pletot :( akhirnya Cuma telaten bikin beberapa yang sesuai resep, selanjutnya adonan dibentuk a la thumb print cookies. 


Matengnya? Tekstur cookies ini mirip banget sama pie, renyah-rapuh-gurih. Takaran gulanya saya kurangi karena pake filling selai strawberi yang udah lumayan manis. Hmm..belum kepengen untuk bikin lagi dan menaklukkan resep ini walo rasanya enak dan bentuknya cantik :(

Resep

Fruit-filled jewels
Bahan
 ¾ cup salted butter, biarkan pada suhu ruang
½ cup confectioner sugar [saya pake gula bubuk]
 2 kuning telur
1 sdt vanili [saya skip]
11/2 cup tepung terigu serbaguna [saya pake kunci biru]
1 cup selai buah [saya pake strawberi]

Cara membuat:
1.       Panaskan oven pada suhu 325 DF [saya 160 DC]
2.       Kocok butter dengan kecepatan medium. Tambahkan gula dan kocok sampai lembut. Tambahkan kuning telur dan vanilla, kocok sampai lembut dan pucat
3.       Masukkan terigu, kocok dengan kecepatan rendah sampai rata
4.       Bentuk adonan menjadi gulungan bola lalu pipihkan. Masukkan ke plastic wrap, masukkan ke kulkas selama 1 jam
5.       Dengan rolling pin yang telah ditaburi tepung, giling adonan setebal ¼ inchi. Cetak menjadi bulatan dengan diameter sekitar 2 inchi atau bisa dicetak dengan mulut gelas. Letakkan adonan bulat ke loyang [tanpa dioles margarin], beri ½ sdt selai diatas bulatan, tutup lagi dengan adonan bulat. Pipihkan bagian pinggirnya menggunakan ujung garpu. Lakukan sampai adonan habis
6.       Oven selama 15 menit sampai bagian pinggirnya berwarna kecoklatan
Untuk 24 keping
Sumber resep: Mrs. Field cookie book [1992]

Happy baking ;)
 

Devi - BunKim

2 comments:

  1. Hhhmm...wangiii butternya kecium smp siniiii :D
    Rajin nyaaaa dirimuu mbaaa, pengeen akuuu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo coba, mbak hihi... nanti kalo sukses, bagi tips nya. saya masi berantakan di percobaan pertama >,<

      Delete