Saturday 31 January 2015

[IDFB Challenge] Review Aplikasi: Bukan Cuma Bibim Bap, Korea juga punya Chueotang!


[Foto-foto dari aplikasi Korean Restaurant Guide yang sudah dimodifikasi]

Tau Samgyetang atau Chueotang? Tau bahan-bahan pembuatnya? Tau citarasanya yang asli korea seperti apa? Tau dimana yang jual?

Well... kalo saya, jawaban untuk semua pertanyaan di atas adalah: nggak tau hehehe. Ya, saya memang bukan penggemar K-drama, K-pop, dan jarang juga mengamati budaya Korea jadi nggak  familier dengan menu-menu a la Korea. Sekalinya tau cuma dari banner dan neon box raksasa yang banyak terpanjang di resto Korea di seputaran Jabodetabek, fotonya bikin penasaran karena kelihatan seger dan enak sekali. Seperti K-drama, K-pop, K-culture, K-food juga telah menjamur di Indonesia. Sangat gampang kita mendapatkan menu-menu korea, dari harga murah sampai yang kelas mahal. Trus gimana ya cara memilih restoran korea yang reccomended, yang udah direview ahli kuliner Korea atau public figure gitu?
Ada! KFF [Korean Food Foundation] udah merelease buku panduan restoran Korea yang melibatkan para ahli kuliner Korea. Hmm... buku tebal terlalu serius ya? oke deh, ada juga versi buku sakunya juga. Buku saku juga suka lupa ditaruh dimana, baiklah.. yang paling gampang dan ga pernah lupa dibawa kemanapun oleh manusia sejagad raya adalah HP, jadi KFF juga memberi kemudahan kita untuk menginstall  aplikasi panduan restoran Korea  di HP kita, bisa di download pada platform iOS dan Android dengan nama aplikasi “Korean Restaurant Guide”. Dan bisa dicari dengan kata kunci koreanrestaurantguide: ID-MY pada Play Store. Kebetulan sekarang KFF bekerjasama dengan IDFB [Indonesian Food Blogger] mengadakan challenge untuk mereview aplikasi Korean Restaurant Guide ini, yeaaay...bisa sambil belajar nama-nama Korean food deh jadi nanti kalo ada yang mau nraktir di restoran Korea, udah ngerti makanan enak mana yang harus dipilih *ngareeep ada yang nraktir :D

Tampilan aplikasi Korean Restaurant Guide ini simple dan gampang dioperasikan, dalam sekilas pandangan kita akan bisa cepat memilih menu apa saja yang perlu kita klik. Sampul depan bergambar lampu khas rumah korea, lalu muncul opsi tampilan menu: berdasarkan style [BBQ,  family style, formal dining, atau casual style] atau berdasarkan lokasi negara [Indonesia dan Malaysia/ Kuala Lumpur]. Masuk ke menu utama, kita akan disuguhi 20 foto restoran korea lengkap dengan namanya. Setiap restoran direview oleh seorang public  figure secara cukup detail dan lengkap, misalnya: menu andalan restoran, otensitas rasa, penjelasan singkat mengenai bahan-bahan dan rasa makanan yang dihidangkan, jenis makanan pembuka, interior design serta  kualitas pelayanan, dan lainnya. Dibagian bawah, ada informasi penting mengenai lokasi dan nomor telpon, kisaran harga, dan pintasan ke google map. Setiap review ditampilan dalam 3 bahasa: bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Korea. Naah... yang lagi ngebet belajar huruf dan bahasa korea, bisa sekalian mengasah kemampuan ketika buka aplikasi ini ya hehehe.



Bahasa yang digunakan reviewer juga provokatif alias bisa membuat pembaca drooling sedrooling-droolingnya hehe. Coda deh baca review berikut, siapa yang nggak kepengen langsung loncat ke restorannya dan pesen sup belut ini: “Signature dish restoran ini adalah chueotang, sup lezat gurih yang dibuat dari belut, daun lobak, dan akar gobo. Sebuah permata kuliner Korea yang unik. Chueotang sungguh lezat dan membuat bibir dan lidah berkejap-kejap. Anda tidak akan menemukan potongan belut dalam sup ini karena dagingnya telah dihaluskan, ditambah air, dan dimasak dengan berbagai bumbu dan sayuran. Cita rasanya sangat berbeda dengan doenjang jjigae atau sup korea pada umumnya. Kelezatannya mengagumkan. Menurut saya, Korea  seharusnya mempromosikan masakan yang satu ini agar lebih dikenal dunia. Bila anda mengunjungi restoran ini, jangan lupa memesan chueo twigim [belut goreng].”

[Foto-foto dari aplikasi Korean Restaurant Guide yang sudah dimodifikasi]
 Informasi lain yang sangat membantu adalah “menu”, disini menu-menu korea disajikan dalam urutan alfabetik, disertai foto, dan penjelasan singkat dalam  3 bahasa. Nama-nama menu yang mungkin nggak pernah muncul  di K-drama, dapat kita telusuri disini. Ternyata  di korea bukan cuma ada kimchi dan bibim bap tapi juga ada chueotang, dwaeji galbi gui, dan hongeo hoe muchim. Menu apakah itu? Silakan langsung download aplikasinya yaaaa kalo penasaran :D



Secara tampilan dan isi, aplikasi ini udah bagus banget.. sangat informatif dan memikat untuk saya yang buta masalah kuliner Korea. Tapi ada beberapa hal yang kayaknya perlu ditambahi, misalnya informasi ke-halal-an restoran. Mengingat buku dan aplikasi ini diterbitkan dan menyasar pasar Indonesia [dan Malaysia] yang mayoritas penduduknya muslim, saya kira akan sangat bermanfaat kalau ada informasi halal di aplikasi Korean Restaurant Guide-nya KFF. Selain itu, ketika awal membuka aplikasi saya agak kecewa karena mendapati hanya ada 20 restoran yang berlokasi di Jakarta. Belakangan baru tau kalo 20 restoran ini adalah restoran terbaik dari ratusan restoran yang sudah direview oleh para ahli kuliner Korea dan Indonesia juga. Pantes aja Cuma 20, udah best of the best rupanya. Satu lagi: di aplikasi ini, masing-masing restoran hanya menampilkan review dari 1 public figure, kurang banyaaaaaaak reviewernya :P
Yah Dev, kalau mau versi lengkap bisa langsung ke toko buku dan beli bukunya  dong hehehe...


Salam,
Devi :)


Note:
* Blog post ini dibuat untuk diikutsertakan dalam IDFB Challenge: I Love Korean Food
* Selain dari play store, aplikasi juga dapat di download di website Korean Cultural Center (KCC) Indonesia di  http://id.korean-culture.org
*Buku Korean Restaurant Guide bisa di download dalam format PDF dan e-book di SINI




4 comments:

  1. Keyeennn..makasi Mba..

    Regards,
    Indonesian Foodblogger group
    Http://indonesianfoodblogger.com

    ReplyDelete
  2. Hi Devi,

    My name is Merrya, Account Executive of Lazada Indonesia Affiliate Program. I would like to introduce you to our newest and fast growing program, Lazada Affiliate.
    We are interested to make a partnership with your website regarding this program, for both of us would get a very good benefit upon this great partnership.

    Please contact me directly so then i can give you an explaination about this program.
    We're looking forward for your kind reply to this special partnership offering with your website


    Thanks,
    Merrya
    merrya.nawati@lazada.co.id
    (021)29490210 ext 1601

    ReplyDelete
  3. Tengkyuuu udah mampir mbak Anne :)

    ReplyDelete
  4. thanks infonya mbak merrry/ dewi

    ReplyDelete