Monday 11 August 2014

Soto Udang





Minggu pagi kemarin liat liputan kuliner di medan, soto Kesawan. Haduuh... tetiba lapar melanda liat kuah soto yang kekuningan, taburan daun sledri, dan udang yang jingga merona hehe. Jadi kita sarapan soto Kesawan pagi ini? Yap, tapi ga usah jauh-jauh ke Medan, cukup kemluthek sebentar di dapur dan siaplah mangkuk-mangkuk berisi kuah soto udang ala soto kesawan. Kebetulan kami memang selalu punya stok udang di freezer. Udang jadi lauk andalan selain telur. Karena gampang dan cepet diolah, dan juga yang penting ‘gurih’nya nendang banget. Kalo daging sapi/ayam perlu waktu lama untuk memasak dan “mengeluarkan” gurih kaldunya, maka udang hanya perlu waktu beberapa menit saja untuk jadi makanan siap saji. Yap, saya biasanya memasak udang Cuma 2-3 menit saja. Hasilnya? Udah yang renyah, segar, manis, tidak alot, dan gurih.



Karena ga nemu resep soto kesawan di google, akhirnya bikin dengan panduan resep soto udang medan. Dari segi penampakan, udah mirip-miriplah.. kalo rasanya? Ga beda jauh dari soto pada umumnya, Cuma karena ada tambahan ketumbar jadi agak beda dikiiit. Selain itu, kaldu udang terasa sangat segar, dipadu dengan daging udang yang renyah dan manis. Beda dari soto daging sapi atau ayam yang biasanya “perlu” energi banyak untuk mengunyah. Semoga memang seperti itulah cita rasa soto kesawan yang di medan hehe.
Untuk kaldu kuahnya, saya juga memanfaatkan kulit dan kepala udang yang sudah dibersihkan. Jadi setelah dibersihkan, pisahkan udang dengan kulitnya. Lalu kulit dan kepala udang ditumis sampai berubah warna lalu ditambahi air 2 gelas, masak sampai mendidih, lalu saring. Kaldu kulit udang siap dipakai. Untuk penyajiannya selain udang, saya cuma tambahin irisan seledri dan daun bawang + tauge. 



Yang mau coba bikin, berikut ini resep yang saya pakai:



SOTO UDANG
Resep asli dari sini, modifikasi oleh BunKim

Bahan:
650 gr udang pacet, bersihkan, sisihkan kulit dan kepalanya untuk kaldu kulit udang [caranya ada diatas ya]
2 sdm perasan jeruk nipis
Garam secukupnya
Minyak secukupnya, untuk menumis dan menggoreng
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
3 lembar daun salam
3 lembar dan jeruk purut
300 ml santan kental

Bumbu Halus :
8 buah bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt ketumbar, sangrai
3 cm kunyit, panggang
2 cm jahe
2 cm lengkuas

Pelengkap:
Tauge, rebus sebentar lalu tiriskan
Irisan daun bawang dan sledri
Bawang goreng

Cara Membuat :

1. Lumuri udang dengan air jeruk nipis dan garam, aduk hingga rata dan sisihkan. Buat kaldu kulit udang.
2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk hingga layu.
3. Tuang santan kental, masak sambil terus diaduk hingga mendidih.
4. Tambahkan kaldu kulit udang dan masak hingga mendidih.
5. Masukkan udang, masak sebentar [sekitar 3 menit, sampai berubah warna] lalu angkat dan tiriskan udangnya. Masukkan irisan daun bawang dan sledri ke kuah soto. Matikan api
6. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Untuk: 5 porsi

Happy cooking :)
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment