Thursday 26 March 2015

Choco Chip Cookies





Untuk cookies dan cakes, saya paling suka yang simple dalam bentuk dan rasa. Cakes yang penuh hiasan warna-warni  nggak bisa bikin saya ngeces, betapapun cantiknya dia. Pun cookies yang dihias-hias indah atau dicetak rapih. Cookies yang tampil apa adanya dengan warna dan tekstur alami itu yang paliiing ga nahaaaan hehe. Dan juara dari segala macam cookies impian adalah drop cookies. Saya sempet beli buku resep cookies mrs. Field dan nggak pernah bosen liat koleksi drop cookiesnya. Jaman dahulu kala saya sempat nyoba berbagai resep drop cookies ini tapi nggak ada yang cukup memuaskan. Tampilannya nggak bisa secantik cookies-cookies yang fotonya bertaburan di internet itu. Oya, definisi cantik disini bukan berarti tampilan cookies mulus aduhai, tapi justru kebalikannya: keriput, berbongkah-bongkah, retak-retak, dan agak gendut. Naah... susaaah sekali dapet tekstur yang seperti itu.




Sampai kemarin Kimi request minta dibuatkan cemilan, tiba-tiba kepikiran cookies lagi. Maka huntinglah resep dan ketemu harta karun di blog mbak Riana Ambarsari http://pennylane-kitchen.blogspot.com/2014/06/sweet-perfection.html. Duuh kemana aja saya ini ya, padahal blog mbak Riana ini kayaknya udah kondang kaloka di seantero jagad raya perfood blogeran. Ternyata menurut pengalaman beliau, tekstur cookies sangat dipengaruhi komposisi bahan-bahan pembuatnya. Cookies yang dibuat dengan bahan-bahan di negara barat pastinya berbeda dengan bahan-bahan dari negeri kita, disini katanya dipengaruhi oleh jumlah gulanya. Saya –yang biasanya selalu memangkas jumlah gula sampai 50%- akhirnya bertekad mau pake gula sesuai resep, demi si tekstur gendut-keriput hehe. Tapi tetep ya saya skip baking powdernya :)



Sesuai resep, adonan cookies ini harus disimpan 3 jam di kulkas tapi karena ngejar waktu sebelum Kimi pulang sekolah, akhirnya hanya nginep 1 jam aja adonan cookies saya. Kayaknya ini bakal ngaruh juga ya di tekstur. Sekitar 3 jam kemluthek di dapur dan oven, jadilah cookies-cookies saya. Cookiesnya chrunchy, agak kemanisan di lidah saya, enaaaak, tapi sayang tekstur impian saya masih belum muncul hehehehe.. bukannya keriput-gendut cantik tapi malah retak-retak wkwkwk. Itu berarti masih harus coba lagi berbagai tips dan resep nanti *elus perut gendut kekenyangan cookies*

PennyLane's Chocolate Chips Cookies 

Bahan:
330 gram terigu protein sedang
1 sdt soda kue [Saya ga pake]
1 1/2 sdt maizena
1/2 sdt garam halus
180 gram mentega, lelehkan
200 gram gula pasir [saya pake 260gr brown sugar untuk menggantian 2 jenis gula ini]
60 gr gula palem
1 telur utuh
1 kuning telur
1 sdt pasta vanilla [saya ga pake]
200 gr milk atau dark chocolate chips + 50 gr untuk garnish


Cara Membuat:
1.       Ayak terigu, soda kue, maizena, garam, ke dalam mangkuk adonan. Aduk rata.
2.       Di wadah lain, campur mentega leleh, gula pasir dan gula palem, aduk hingga gula larut dan menyatu dengan mentega. Adonan menjadi seperti adonan karamel. Masukkan telur utuh dan kuning telur, aduk rata. Masukkan pasta vanilla, aduk rata.
3.       Tuang adonan basah ke dalam adonan kering, aduk rata dengan sendok kayu. Masukkan chocolate chips, aduk rata.
4.       Tutup mangkuk dengan plastik wrap, dinginkan adonan dalam kulkas minimal 3 jam.
5.       Keluarkan adonan dari kulkas, biarkan 10 menit agar mudah dibentuk. Bentuk adonan dengan tangan membentuk bulatan tidak sempurna sebesar bola ping-pong, atau tergantung keinginan, letakkan di loyang kue kering yang sudah dialasi silpat atau baking paper, beri jarak antara adonan. 
6.       Pipihkan sedikit adonan dengan jari. Tidak perlu membentuk permukaan yang sempurna. Biarkan ia penuh lekuk dan lipatan agar nantinya membentuk keriput yang cantik. Jika adonan licin sempurna, permukaan cookies akan melengkung biasa. Beri beberapa chocolate chips tambahan di permukaan cookies, tekan separuh masuk ke dalam adonan. 
7.       Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 180 derajat Celsius selama 11 menit. 
8.       Keluarkan dari oven, dinginkan 10 menit, pindahkan cookies ke atas rak, biarkan dingin seluruhnya. Simpan dalam wadah tertutup.

Happy Baking :)
Devi - BunKim

No comments:

Post a Comment